Minggu, 01 Juli 2012

Perbedaan Ayam Bangkok Asli Dan Lokal


Perbedaan Ayam Bangkok Asli Dan Lokal
Perbedaan Ayam Bangkok Asli Dan Lokal

Ayam bangkok yang asli import dapat diketahui dengan cara memperhatikan struktur tulang atau tulangan, warna pangkal bulu, mental, dan gaya bertarung. Berikut penjelasannya:

Struktur Tulangan Atau Tulangan Ayam Bangkok
Untuk mengetahuinya tidak cukup dilihat, tetapi harus dipegang. Struktur tulang atau tulangan ayam bangkok yang asli lebih padat. Hal ini disebabkan oleh pakan mineral, terutama kalium dan fosfor yang baik. Dengan suplai mineral yang bagus, pembentukan tulang sejak anakan akan semakin baik dan menjadi sempurna ketika ayam mencapai usia dewasa. Keadaan ini akan menjadi suatu kelebihan yang belum dimiliki oleh ayam jenis lokal.

Warna Pangkal Bulu Ayam Bangkok
Ayam Bangkok asli memiliki tanda-tanda khusus yang berbeda dengan Bangkok lokal. Sepintas perbedaan tersebut nyaris tidak ada. Ayam Bangkok asli memiliki warna kekuning kuningan di pangkal bulu dan permukaan kulit. Warna tersebut terdapat di semua bagian bulu, baik bagian perut, punggung, sayap leher, maupun kaki. Warna ini dikenal dengan istilah Khemine. Khemine digunakan untuk menguatkan kulit ayam bangkok. Pemberian larutan berwarna ini di pangkal bulu akan memperkuat permukaan kulit tempat melekat atau menancapnya bulu, sehingga bulu tidak mudah rontok. Selain itu, Khemine juga berfungsi sebagai anti kutu.

Mental Bertarung Ayam Bangkok
Perbedaan paling nyata Ayam Bangkok asli dengan Ayam Bangkok peranakan atau lokal adalah mental bertarungnya. Ayam Bangkok asli sangat berani atau dikenal dengan istilah "Hati". Ayam Bangkok merupakan tipe ayam petarung yang berani dan tidak kenal takut. Sifat menonjol Ayam Bangkok asli adalah tidak mau kalah dan terus bertarung tanpa mengenal lelah. Lebih hebatnya lagi, tidak jarang Ayam Bangkok bertarung sampai mati. Ayam Bangkok yang bagus lebih memilih mati atau menghindari musuh jika sudah terdesak daripada harus berbunyi keok.

Gaya Tarung Ayam Bangkok
Ayam Bangkok yang terlahir sebagai Ayam Petarung sejati akan memiliki gaya atau "Jurus cantik" dalam setiap aksi tarungnya. Secara umum ada empat gaya bertarung yang sering dilakukan Ayam Bangkok, yaitu: teknik kontrol, teknik kunci, teknik bongkar singkap sayap,dan teknik berlari. Teknik yang paling disukai para penggemar Sabung Ayam adalah teknik kunci dan teknik kontrol. Ayam yang memiliki teknik berlari sangat jarang. Dalam teknik berlari, Ayam akan menyerang terus sampai lawannya kalah atau menyerah.

Mudah-mudahan dengan tulisan di atas teman teman dapat mendapatkan informasi tentang cara memilih Ayam Bangkok yang Asli dan tidak kena tipu oleh penjual ayam yang ngaku-ngaku menjual Ayam Bangkok Asli tapi ternyata Palsu Alias Lokal. -->

0 komentar:

Poskan Komentar