Jumat, 14 September 2012

Vaksinasi ND Tetelo Terbaru; Penanggulangan Mereks Korisa dan Aneka Penyakit Unggas Lainnya

Vaksin Penyakit Tetelo (ND) Untuk Ayam

clip_image001Jenis vaksin Tetelo banyak macamnya dan dapat diberilan pada ayam dengan beberapa macam antara lain dengan diteteskan pada mata,injeksi, dicampurkan dengan minuman, dan degan disemprotkan pada udara sekitar ayam.
Khusus untuk ayam aduan dan ayam hias harus hati hati dalam memberikan vaksin ini , karena bisa berakibat fatal bila salah dalam pemberiannya, gunakan vaksin ND Inaktif , cara pemberianya dapat dilakukan dengan tetes mata, atau di campurkan minuman, lihat aturan cara pemberian vaksin sesuai petunjuk yang diberikan oleh produsen Vaksin.
Sekarang ada cara baru untuk memberikan vaksin yaitu melalui pakan ayam dengan jenis vaksin ND per Oral , inilah caranya
Teknik pembuatan vaksin ND per oral ( melalui makanan )
BAHAN :
Vaksin ND per-oral, gabah, beras (nasi aron), air
ALAT :
Ember, gelas ukur, sendok dll

1. Cara pemberian vaksin
a. Pemberian vaksin ND per-oral merupakan cara baru dalam pemberantasan penyakit tetelo, yaitu dengan cara mencampur vaksin dengan pakan sebagai karier vaksin
b. Vaksin ND per-oral mengandung virus ND yang tidak ganas, dan tahan selama dua minggu pada suhu 28øC, sedangkan pada suhu 4øC vaksin
tahan beberapa bulan.
c. Jenis vaksin yang dipergunakan adalah vaksin RIVS 2 dan RIVS 3, dengan daya kekebalan mencapai 60 %.
2. Jenis pakan sebagai karier
a. Gabah jenis kecil atau yang biasa disebut Gabah Bangkok dapat langsung dipergunakan sebagai karier vaksin, sedangkan gabah jenis besar gabah beras biasa jenis ini lebih kasar maka perlu direbus selama 10 menit dalam air mendidih, kemudian diangin-anginkan sampai dingin, jenis ini dapat dipergunakan sebagai karier untuk ayam dewasa.
b. Nasi atau Nasi aron (beras yang direbus selama 10-20 menit) setelah dingin dapat dipergunakan sebagai karier vaksin untuk anak ayam.
3. Cara pemakaian
1.
Satu vial (botol kecil) vaksin ND per-oral sebanyak 2 ml dicampur dengan air bersih sebanyak 200 ml, kemudian disimpan dalam ember plastik. Kemudian campurkan pakan karier tersebut sebanyak 2 kg kedalam larutan vaksin sedikit demi sedikit dan diaduk sampai rata.
2.
Pakan yang telah dicampur dengan vaksin tersebut kemudian diberikan kepada ayam sebanyak 200 ekor, dengan cara ditaburkan ditempat bersih, teduh dan terlindung dari sinar matahari langsung.
3.
Pakan yang telah dicampur dengan vaksin tersebut harus habis dipergunakan dalam waktu tidak kurang dari 4 jam.
4. Vaksinasi awal dilakukan dua kali (vaksinasi pertama dan booster) dengan interval 3 minggu. Untuk vaksinasi booster dilakukan tiga minggu setelah vaksin pertama, selanjutnya untuk vaksin ulangan dapat dilakukan setiap 3 bulan.
5. Pemberian vaksin hendaknya dilakukan di pagi hari sebelum ayam mendapat makanan lain
Sumber : Deptan

Pencegahan Penyakit Unggas dengan Cleaning Program Saat Cuaca Buruk


clip_image003


Saat musim Pancaroba merupaka Saat cuaca tidak bersahabat bagi Unggas / ayam atau cuaca buruk adalah saat antisipasi bagi para peternak untuk waspada terhadap berbagai serangan penyakit pada unggas peliharaannya, indikator cuaca buruk antara lain perubahan cuaca yang berubah-uabah secara ekstrim, hujan terus menerus, atau kemarau yang berkepanjangan. Kondisi cuaca sangat berpengaruh terhadap stamina hewan ternak misalnya ayam, jika stamina hewan ternak megalami drop maka kemungkinan terinfeksi penyakit sangat besar.
Disaat kondisi seperti ini peternak perlu menjalankan cleaning program, yakni program penangulangan secara preventif terhadap kesehatan hewan ternak agar tidak terjadi penurunan stamina atau terinfeksi penyakit.
Perlu atau tidaknya pemberian obat pada kondisi cuaca buruk yang berkepanjangan tergantung pada kondisi ayam. Jika ayam tidak menunjukkan gejala sakit atau terjadi penurunan produksi, maka cukup dengan pemberian vitamin anti stres dan meningkatkan kondisi tubuh ayam, seperti Strong n Fit, Vita Stress, Fortevit atau Vita Strong.
Jika ayam menunjukkan gejala sakit/terjadi penurunan produksi pemberian obat dapat dilakukan, tentunya obat harus disesuaikan dengan penyakitnya. Sebagai contoh ayam menunjukan gejala ngorok (CRD) maka pemberian Trimezyn-S, dapat dilakukan dengan selang 1 hari dari pemberian sebelumnya atau diganti dengan obat dari golongan yang lain seperti Neo Meditril, Doxyvet atau Proxan-S (pilih salah satu). Yang perlu diperhatikan saat melakukan cleaning program yaitu ketepatan dosis yang diberikan dan hati-hati saat jadwal vaksinasi terutama vaksinasi melalui air minum, sebaiknya pemberian obat dihentikan dulu (dapat diberikan lagi keesokan harinya).
Selain dengan pemberian antibiotik atau vitamin, yang tak kalah penting perlu dilakukan pada saat kondisi cuaca tak bersahabat yaitu melakukan praktek manajemen pemeliharaan yang baik. Hal ini untuk mencegah tingkat stres makin tinggi dan meningkatnya bibit penyakit di lingkungan kandang.

Manajemen tersebut antara lain yaitu :

  • Perhatikan sistem sirkulasi udara dengan sistem buka-tutup tirai kandang (sesuai kondisi cuaca), agar ayam mendapatkan suplai oksigen dengan baik, jika perlu tambahkan blower atau berikan “hujan buatan” saat suhu lingkungan melebihi suhu nyaman. Sedangkan saat udara dingin dan hujan, tutuplah tirai kandang dan jika perlu nyalakan brooder.
  • Atur distribusi dan jumlah tempat ransum dan minum ayam. Hal ini menjadi penting karena ketika suhu udara menjadi panas, konsumsi air minum meningkat. Sebaliknya pada suhu dingin, konsumsi pakan dapat meningkat. Dalam situasi demikian, kompetisi memperebutkan pakan dan air minum meningkat. Bila tidak ditanggulangi dengan seksama rentan menimbulkan korban, baik karena kanibalisme, tertindih ataupun tidak mendapatkan nutrisi yang cukup.
  • Pemuasaan ayam pada saat cuaca panas dengan mengurangi jumlah pakan, cukup efektif menekan tingkat kematian akibat heat stress (lama pemuasaan tergantung pada kondisi lapangan). Hal ini berhubungan dengan pembentukan panas dari pakan dan keterbatasan ayam dalam mengeluarkan panas dari tubuhnya. Pertalian erat antara keduanya menyebabkan ayam akan semakin kepanasan yang berasal dari lingkungan dan juga suhu tubuh. Pada suhu dingin, peternak justru diharapkan menambah jumlah pakan yang diberikan dengan harapan menyediakan energi untuk menghangatkan tubuh
  • Atur kepadatan ayam agar memberi ruang gerak yang lebih leluasa. Hal ini juga dapat menyediakan sirkulasi udara lebih baik sehingga udara tidak pengap.
  • Tingkatkan biosekuriti dengan melakukan penyemprotan menggunakan Antisep, Neo Antisep atau Medisep (pada kandang yang berisi ayam).
  • Lakukan desinfeksi air minum dengan Desinsep, Antisep atau Neo Antisep untuk menekan penularan bibit penyakit melalui air minum (hati-hati saat ada jadwal vaksinasi/pengobatan/pemberian viamin)
sumber : info medion

Penyakit Gumboro | Infectious Bursal Disease (IBD)


clip_image005Penyakit Gumboro ini banyak menyebakan kematian pada unggas, tetapi frekuensi wabah ini tidak begitu aktif seperti ND , Lakukan Vaksinasi terhadap Ayam Bangkok Anda jika sekiranya disekitar areal peternakan ayam atau di kampung atau daerah anda ada yang terserang penyakit ini.
Penyakit Gumboro menyerang kekebalan tubuh ayam, terutama bagian fibrikus dan thymus. Kedua bagian ini merupakan pertahanan tubuh ayam. Pada kerusakan yang parah, antibody ayam tersebut tidak terbentuk. Karena menyerang system kekebalan tubuh, maka penyakit ini sering disebut sebagai AIDSnya ayam.
Etiologi / Tipe Penyakit Gumboro
Gumboro (Infectious Bursal Disease) disebabkan oleh Tipe 1 galur virus Avibirna (Avibirnavirus).
Tipe 1 : dikenal ada 2 serotipe virus, yaitu yang klasik dan yang sangat patogenik (vvIBD). Di Amerika serikat dan Amerika Tengah didominasi oleh variant Deleware A sampai E yang patogenik.
Tipe2: Galur kalkun adalah bersifat tidak patogenik terhadap ayam
Kejadian
Penyakit Gumboro (Infectious Bursal Disease)/IBD menyerang ayam yang belum dewasa diseluruh dunia. Di dalam tubuh ayam, virus Avibirnavirus dapat hidup hingga lebih dari 3 bulan, kemudian akan berkembang menjadi infeksius.
Infeksi akut dengan galur klasik ringan atau variannya dapat mengakibatkan mortalitas sampai 5%. Variannya lebih bersifat imunosupresif dibandingkan dengan galur klasik. Virus yang sangat patogenik (vvIBD) dapat membunuh ayam yang peka sampai sebesar 50%.
Penyakit Gumboro sendiri sebenarnya memang tidak menyebabkan kematian secara langsung pada ayam, tetapi karena adanya infeksi sekunder yang mengikutinya akan menyebabkan kematian dengan cepat karena virus Avibirnavirus bersifat imunosupresif yang menyebabkan kekebalan tubuhnya tidak bekerja sehingga memudahkan kawanan ayam yang diserang oleh virus dan infeksi skunder oleh bakteri.
Patogenesis
Penularan penyakit Gumboro atau IBD dapat melalui kontak langsung antara ayam yang muda dengan ayam yang sakit atau terinfeksi pada peternakan yang mempunyai ayam berbagai umur dapat mengakibatkan infeksi ini terus menyebar dan sangat sulit dikendalikan.
Peralatan, kandang, air minum dan pakaian petugas yang terkontaminasi Gumboro dapat juga memperparah kejadian penyakit tersebut. Penyakit Gumboro tidak menular dengan perantaraan telur dan ayam sudah sembuh tidak menjadi carrier.
Gejala klinis
Morbiditas penyakit Gumboro sangat bervariasi yaitu antara 5-50% dan mortalitas atau angka kematian unggas dapat berkisar antara 5-50% dari seluruh populasi unggas, tergantung pada patogenesitas galur virus IBD dan kerentanan dari unggas itu sendiri.
Ayam yang terkena penyakit Gumboro akan menunjukkan gejala seperti gangguan saraf, merejan, diare, tubuh gemetar, bulu di sekitar anus kotor dan lengket serta diakhiri dengan kematian ayam.
Diagnosis
Berdasarkan gejala klinis yang ditimbulkan dari penyakit Gumboro.
Pemeriksaan histopatologi
Virus Avibirna dapat isolasi dalam telur berembrio spesifik pathogen free (SPF) atau pada biakan jaringan.
Pencegahan
Penanggulangan Gumboro ini dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu vaksinasi, menjaga kebersihan lingkungan kandang.
Program Vaksinasi Gumboro Pada Ayam
Program A
Umur : 4 hari
Vaksin : Medivac Gumboro Emulsio
Cara Pemberian : Suntikan 0,2 ml
Umur : 7 hari *
Vaksin : Medivac Gumboro A
Cara Pemberian : Tetes Mulut
atau
Umur : 10-14 hari **
Vaksin : Medivac Gumboro A atau Medivac Gumboro B
Cara Pemberian : Tetes Mulut/air minum
atau
Program B
Umur : 7 hari *
Vaksin : Medivac Gumboro A
Cara Pemberian : Tetes Mulut
atau
Umur : 10-14 hari **
Vaksin : Medivac Gumboro A Medivac Gumboro B
Cara Pemberian : Tetes Mulut/air minum
Umur : 21-28 hari
Vaksin : Medivac Gumboro A Medivac Gumboro B
Cara Pemberian : Tetes Mulut/air minum
* Gunakan Medivac Gumboro A didaerah yang sering terserang penyakit Gumboro pada umur yang sangat dini (+-2minggu)
** Gunakan Medivac Gumboro A atau Medivac Gumboro B didaerah yang sering terserang penyakit gumboro pada umur lebih dari 3 minggu. Gunakan Medivac Gumboro A jika wabah disebabkan oleh virus gumboro yang sangat ganas (kematian lebih dari 5 %)
Jenis jenis Penyakit karena Bakteri
Berak putih (pullorum)
Menyerang ayam kampung dengan angka kematian yang tinggi.
Penyebab: Salmonella pullorum.
Pengendalian: diobati dengan antibiotika
Foel typhoid
Sasaran yang disering adalah ayam muda/remaja dan dewasa.
Penyebab: Salmonella gallinarum. Gejala: ayam mengeluarkan tinja yang berwarna hijau kekuningan.
Pengendalian: dengan antibiotika/preparat sulfa.
Parathyphoid
Menyerang ayam dibawah umur satu bulan.
Penyebab: bakteri dari genus Salmonella.
Pengendalian: dengan preparat sulfa/obat sejenisnya.
Kolera
Penyakit ini jarang menyerang anak ayam atau ayam remaja tetapi selain menyerang ayam menyerang kalkun dan burung merpati.
Penyebab: pasteurella multocida.
Gejala: pada serangan yang serius pial ayam (gelambir dibawah paruh) akan membesar.
Pengendalian: dengan antibiotika (Tetrasiklin/Streptomisin).
Pilek ayam (Coryza)
Menyerang semua umur ayam dan terutama menyerang anak ayam.
Penyebab: makhluk intermediet antara bakteri dan virus.
Gejala: ayam yang terserang menunjukkan tanda-tanda seperti orang pilek.
Pengendalian: dapat disembuhkan dengan antibiotia/preparat sulfa.
CRD
CRD adalah penyakit pada ayam yang populer di Indonesia. Menyerang anak ayam dan ayam remaja.
Pengendalian: dilakukan dengan antibiotika (Spiramisin dan Tilosin).
Infeksi synovitis
Penyakit ini sering menyerang ayam muda terutama ayam broiler dan kalkun.
Penyebab: bakteri dari genus Mycoplasma.
Pengendalian: dengan antibiotika.
Penyakit karena Virus
Newcastle disease (ND)
ND adalah penyakit oleh virus yang populer di peternak ayam Indonesia. Pada awalnya penyakit ditemukan tahun 1926 di daerah Priangan. Penemuan tersebut tidak tersebar luas ke seluruh dunia. Kemudian di Eropa, penyakit ini ditemukan lagi dan diberitakan ke seluruh dunia. Akhirnya penyakit ini disebut Newcastle disease.
Infeksi bronchitis
Infeksi bronchitis menyerang semua umur ayam. Pada dewasa penyakit ini menurunkan produksi telur. Penyakit ini merupakan penyakit pernafasan yang serius untuk anak ayam dan ayam remaja. Tingkat kematian ayam dewasa adalah rendah, tapi pada anak ayam mencapai 40%. Bila menyerang ayam petelur menyebabkan telur lembek, kulit telur tidak normal, putih telur encer dan kuning telur mudah berpindah tempat (kuning telur yang normal selalu ada ditengah). Tidak ada pengobatan untuk penyakit ini tetapi dapat dicegah dengan vaksinasi.
Infeksi laryngotracheitis
Infeksi laryngotracheitis merupakan penyakit pernapasan yang serius terjadi pada unggas. Penyebab: virus yang diindetifikasikan dengan Tarpeia avium. Virus ini di luar mudah dibunuh dengan desinfektan, misalnya karbol.
Pengendalian: belum ada obat untuk mengatasi penyakit ini; pencegahan dilakukan dengan vaksinasi dan sanitasi yang ketat.
Cacar ayam (Fowl pox)
Gejala: tubuh ayam bagian jengger yang terserang akan bercak-bercak cacar.
Penyebab: virus Borreliota avium.
Pengendalian: dengan vaksinasi.
Marek
Penyakit ini menjadi populer sejak tahun 1980-an hingga kini menyerang bangsa unggas, akibat serangannya menyebabkan kematian ayam hingga 50%.
Pengendalian: dengan vaksinasi.
Gumboro
Penyakit ini ditemukan tahun 1962 oleh Cosgrove di daerah Delmarva Amerika Serikat. Penyakit ini menyerang bursa fabrisius, khususnya menyerang anak ayam umur 3–6 minggu.
Penyakit karena Jamur dan Toksin
Penyakit ini karena ada jamur atau sejenisnya yang merusak makanan. Hasil perusakan ini mengeluarkan zak racun yang kemudian di makan ayam. Ada pula pengolahan bahan yang menyebabkan asam amino berubah menjadi zat beracun. Beberapa penyakit ini adalah :
Muntah darah hitam (Gizzerosin)
Ciri kerusakan total pada gizzard ayam.
Penyebab: adalah racun dalam tepung ikan tetapi tidak semua tepung ikan menimbulkan penyakit ini. Timbul penyakit ini akibat pemanasan bahan makanan yang menguraikan asam amino hingga menjadi racun.
Pengendalian: belum ada.
Racun dari bungkil kacang
Minyak yang tinggi dalam bungkil kelapa dan bungkil kacang merangsang pertumbuhan jamur dari grup Aspergillus. Untuk menghindari keracunan bungkil kacang maka dalam rancung tidak digunakan antioksidan atau bungkil kacang dan bungkil kelapa yang mengandung kadar lemak tinggi.
Penyakit karena Parasit
Cacing
Karena penyakit cacing jarang ditemukan di peternakan yang bersih dan terpelihara baik. Tetapi peternakan yang kotor banyak siput air dan minuman kotor maka mungkin ayam terserang cacingan.
Ciri serangan cacingan adalah tubuhnya kurus, bulunya kusam, produksi telur merosot dan kurang aktif.
Kutu
Banyak menyerang ayam di peternakan Indonesia. Dari luar kutu tidak terlihat tapi bila bulu ayam disibak akan terlihat kutunya. Tanda fisik ayam terserang ayam akan gelisah. Kutu umum terdapat di kandang yang tidak terkena sinar matahari langsung maka sisi samping kandang diarahkan melintang dari Timur ke Barat. Penggunaan semprotan kutu sama dengan cara penyemprotan nyamuk. Penyemprotan ini tidak boleh mengenai tangan dan mata secara langsung dan penyemprotan dilakukan malam hari sehingga pelaksanaannya lebih mudah karena ayam tidak aktif.
Penyakit karena Protozoa
Penyakit ini berasal dari protozoa (trichomoniasis, Hexamitiasis dan Blachead), penyakit ini dimasukkan ke golongan parasit tetapi sebenarnya berbeda. Penyakit ini jarang menyerang ayam lingkungan peternakan dijaga kebersihan dari alang-alang dan genangan air.

Mengatasi Penyakit Korisa Pada Ayam

clip_image007
Penyakit korisa atau snot (pilek) sudah akrab di telinga para peternak unggas. Tanda penyakit tersebut juga mudah dikenali, dan hampir semua jenis unggas mudah terserang penyakit ini, diantaranya ayam pedaging, petelur, buras (kampung), merpati, itik maupun puyuh. Korisa bisa menyerang ayam pada semua umur, khususnya mulai umur 3 minggu sampai masa produksi.
Peternak seringkali hanya tahu bahwa korisa merupakan suatu penyakit pernapasan (dilihat dari tanda khasnya), padahal korisa juga menyebabkan penurunan produksi telur. Pada ayam pedaging, penyakit ini juga mengganggu pertumbuhan ayam sehingga ayam sulit mencapai berat standar. Kerugian yang lainnya ialah tingginya biaya pengobatan, ayam menjadi mudah terserang penyakit lain atau penyakit menjadi komplek sehingga penyakit semakin sulit diatasi (ayam disembuhkan) dan seringkali berakhir dengan kematian.
Penyebab
Korisa disebabkan oleh bakteri Haemophilus paragallinarum yang merupakan bakteri Gram (-), berbentuk batang pendek (coccobacilli), non motil (tidak bergerak), tidak berspora, fakultatif anaerob (bisa hidup pada media yang tidak ada oksigen maupun ada oksigennya), memerlukan faktor V (Nicotinamide-Adenindinucleotide/NAD yang ditemukan dalam sel darah merah dan penting sebagai pertumbuhan bakteri). Bakteri ini terdiri dari 3 serotipe A (W), B (Spross) dan C (Modesto). Serotipe A dan C lebih virulen dibandingkan serotipe B. Di Indonesia, isolasi H. paragallinarum telah dilaporkan sejak tahun 1975, 1978 dan 1987. Tarmuji et al. melaporkan serotipe H. paragallinarum yang menyerang farm di Indonesia ialah serotipe A, B dan C.
H. paragallinarum di luar induk semang akan mudah mati dan mudah diinaktivasi. Desinfektan yang efektif untuk membunuh bakteri ini antar lain iodine (Antisep dan Neo Antisep) maupun ammonium quarterner (Medisep dan Mediklin).
Tanda Klinis Ayam Terserang Korisa
Masa inkubasi korisa antara 1-3 hari dan outbreak akan berlangsung selama 4-12 minggu (petelur) atau 6-14 hari (pedaging) tetapi masa ini tergantung dari tingkat keganasan penyakit, jumlah bakteri dalam tubuh ayam atau lingkungan kandang dan ada tidaknya infeksi sekunder. Ayam yang diafkir bisa mencapai 20%, morbiditas mencapai 100% sedangkan mortalitas 0,7-10% bahkan bisa mencapai 50%. Selain itu juga terjadi penurunan produksi telur 14-41%. Ayam yang sembuh dapat berperan sebagai carrier sehingga dapat menginfeksi ayam sehat lainnya yang berada dalam 1 populasi atau 1 kandang dengan ayam tersebut.
Tanda khas serangan korisa antara lain sulit bernapas, adanya lendir atau kotoran dari hidung yang mula-mula encer dan berlanjut sampai kental seperti nanah, bau yang menyengat seperti telur busuk, muka bengkak terutama pada daerah sinus di bawah mata, mata berair seperti menangis yang lama kelamaan akan menutup dan diare.
Pencegahan
Vaksinasi
Lakukan vaksinasi pada ayam petelur umur 6-8 minggu dan diulangi umur 16-18 minggu, sedangkan pada ayam pedaging pada umur 1-2 minggu. Akan lebih tepat bila jadwal vaksinasi disesuaikan dengan kondisi peternakan setempat. Penentuan jadwal vaksinasi yang tepat adalah paling lambat 3-4 minggu sebelum umur ayam rawan terserang korisa. Kapan umur ayam rawan terserang korisa bisa diperoleh dari pengalaman pada periode pemeliharaan sebelumnya.
Vaksin yang dijual di pasaran ada 2 macam yaitu yang berisi 2 jenis H. paragallinarum (bivalent) atau 3 jenis (trivalent). Contoh vaksin bivalent ialah Medivac Coryza B (berbentuk suspensi), sedangkan vaksin trivalent ialah Medivac Coryza T (berbentuk emulsi) dan Medivac Coryza T Suspension (berbentuk suspensi).
Vaksin bivalent digunakan berdasarkan informasi bahwa serotipe B bukan merupakan serotipe yang benar bermasalah bagi ayam sehingga masih bisa diatasi dengan vaksin yang berisi serotipe A dan C. Di lain sisi, karena saat ini sudah terlihat jelas keberadaan serotipe B hampir di seluruh belahan dunia maka vaksin trivalent sudah banyak dipergunakan di beberapa negara.
Mengapa Vaksinasi Korisa Penting?
Alasan mengapa vaksinasi korisa perlu dilakukan ialah :
  • Predileksi H. paragallinarum di sinus infraorbitalis yang miskin pembuluh darah dan obat yang diberikan sedikit mencapai sinus infraorbitalis
    Kedua hal inilah yang membuat selalu adanya carrier pada ayam yang pernah terserang korisa. Ayam tersebut merupakan sumber penularan penyakit karena di dalam tubuh ayam masih terdapat bakteri penyebab korisa walau belum sampai timbul gejala klinis.
  • Kesembuhan ayam yang terserang korisa akan terlihat lebih cepat pada ayam yang sebelumnya sudah divaksin korisa dibandingkan yang tidak divaksin. Selain itu, kejadian munculnya kasus akan lebih lambat (menunda kejadian kasus kori-sa) dan keparahannya akan terlihat lebih ringan bila sebelumnya sudah divaksin korisa.
Perbaikan Tata Laksana Pemeliharaan
  • Pemeliharaan sistem all in all out untuk menghindari penularan dari ayam tua ke ayam muda dan memutus siklus hidup bakteri di lokasi peternakan
  • Penanganan ayam carrier dengan benar melalui pengobatan secara tuntas atau memberikan obat pada waktu tertentu terutama saat perubahan cuaca. Selain itu, lakukan pengafkiran pada ayam carrier yang secara ekonomis tidak menguntungkan
Tindakan Keamanan Biosecurity
  • Lakukan istirahat kandang (kosong kandang) selama 30-60 hari setelah pembersihan dan desinfeksi kandang sebelum ayam diisi kembali. Desinfektan yang efektif untuk membasmi H. paragallinarum ialah golongan iodine (Antisep, Neo Antisep) dan ammonium quartener (Medisep, Mediklin)
  • Penyemprotan kandang setiap 1-2 minggu sekali
  • Sanitasi dan desinfeksi peralatan kandang (tempat ransum, tempat minum), kandang dan sekitarnya secara teratur
  • Sanitasi air minum secara rutin untuk mencegah penularan korisa melalui air minum
Tindakan Saat Terserang Korisa
1. Isolasi ayam yang sakit
2. Buang bangkai ayam segera dan se-jauh mungkin dari lingkungan kandang
3. Revaksinasi (jika belum parah) pada ayam petelur
4. Pemberian obat
Untuk mendapatkan keberhasilan pengobatan yang maksimal maka pemberian obat harus :
  • Sesuai dengan penyakit (diagnosa, sifat penyebab penyakit)
  • Tersedia dalam kadar (jumlah obat) yang cukup saat mencapai sinus infraorbitalis yang miskin pembuluh darah
  • Lama waktu yang cukup dalam kontak dengan organ sakit
Pada kasus serangan korisa tunggal dapat dilakukan ditangani dengan memberikan obat korisa antara lain Trimezyn, Erysuprim, Doctril (serbuk), Trimezyn-K (kaplet), Vita Tetra Chlor (kapsul), Gentamin atau Vet Strep (injeksi). Sedangkan pada kasus komplikasi dengan :
a. Virus (ND, IB, IBD, EDS’76)
  • Lakukan pemisahan ayam yang parah dan belum parah
  • Lakukan revaksinasi sesuai penyakit komplikasinya, kecuali bila ayam terserang IBD atau Gumboro maka jangan lakukan revaksinasi Gumboro
  • Berikan Vita Stress pada 1-2 hari setelah revaksinasi
  • Lakukan pengobatan korisa dengan antibiotik seperti kasus korisa tunggal
b. Bakteri lain (CRD, kolera, colibacillosis)
Pilih antibiotik yang efektif untuk korisa dan bakteri lain (spektrum luas).
c. Protozoa (koksidiosis, malaria like/ leucocytozoonosis)
Pilih antibiotik yang efektif untuk korisa dan protozoa (terutama preparat sulfa atau yang lainnya), misalnya Duoko, Therapy atau Sulfamix
5. Pemberian vitamin, seperti Fortevit, Aminovit atau Vita Stress untuk membantu meningkatkan kondisi tubuh ayam dan mengganti sel tubuh yang rusak oleh bakteri penyebab korisa.
Terkadang kita merasa bahwa segala upaya telah dilakukan guna mencegah dan menangani korisa, namun korisa masih saja menyerang. Oleh karena itu kita perlu terus melakukan evaluasi mengenai hal berikut :
  • Tata laksana pemeliharaan diterapkan dengan tepat termasuk biosecurity
  • aksinasi dengan benar dan tepat jadwalnya
Korisa memang sulit diberantas sampai tuntas tanpa penanganan yang komprehensif dari segala segi pemeliharaan. Mengingat hal tersebut maka slogan mencegah lebih baik daripada mengobati sangat tepat dilakukan oleh setiap peternak.


-->

38 komentar:

PROMO BONUS DEPOSIT NEW MEMBER INDOKARTU

Minimal Deposit!

=== 7 Permainan 1 USER ID ===
JUDI KARTU ONLINE & AGEN POKER ONLINE
INDOKARTU merupakan web judi kartu online Indonesia terpercaya dan terlengkap dalam menyediakan permainan poker online seperti poker online, domino online, bandar ceme online, blackjack online, Bahkan sebagai situs Agen Poker Online uang asli yang memberikan transaksi dari bank BCA, BNI, BRI, Bank Mandiri, memberikan minimal deposit yang sangat murah serta menyediakan hadiah jackpot setiap harinya dan bisa main dengan para player dari seluruh daerah yang ada di Indonesia. Main poker online terpercaya di IndoKartu

indokartu.info

Ayo join sekarang di indokartu.net

nonton streaming vidio sabung ayam seru setiap hari
Dapatkan Bonus Spesial 10% Di Setiap Hari Jumat
Khusus Taruhan Games Sabung Ayam & Sportsbook
Yuk Gabung Bersama Bolavita Di Website www.bolavita.ltd
Untuk Info, Bisa Hubungi Customer Service Kami ( SIAP MELAYANI 24 JAM ) :
WA: +628122222995

BISA DEPOSIT PAKE PULSA

DewaZeus merupakan partner dari situs ZeusBola, yang merupakan mater agen taruhan judi bola, Casino, Poker, taruhan sabung ayam online S128, CF88 DewaPoker, Live Casino Dealer Resmi Lisensi Filipina Paling Terpercaya di Indonesia, hanya di judi online deposit pulsa.

Sebagai Perwakilan Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola sudah berkerja sama bersama industri Sbobet beroperasi di Asia yg dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh penaklukan Isle of Man guna beroperasi sebagai juru taruhan sport sedunia.

main judi pakai pulsa
https://dewazeus.site/situs-agen-taruhan-poker-deposit-via-pulsa-2019/
livechat zeusbola


Ayo daftar sekarang di dewazeus.site

Silakan Kunjungi Artikel Jadwal Sabung Ayam S128

https://tajenonline.com/cara-membuat-ayam-berkualitas-tinggi/
https://tajenonline.com/kecurangan-sabung-ayam-s128-online/
https://tajenonline.com/cara-membuat-ayam-berkualitas-tinggi/
https://tajenonline.com/kecurangan-sabung-ayam-s128-online/

Dan dapat Hubungi Kontak Whatsapp Kami +62-8122-222-995

JUDI ONLINE DEPOSIT PAKAI PULSA!

Agen Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan paling baik yang sediakan jasa pelayanan buat pembukaan akun permainan judi atau taruhan online guna anda di perwakilan judi online yg bertaraf International, jadi dan terpercaya hanya di Bolazeus.

Sbg Perwakilan Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola sudah berkerja sama bersama kongsi Sbobet beroperasi di Asia yg dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh orang nomor 1 Isle of Man kepada beroperasi yang merupakan juru taruhan olahraga di dunia.
http://134.209.98.69/main-judi-online-deposit-pulsa/

Daftar sekarang di ZeusBola ---> http://104.248.148.252/

DEPOSIT BISA VIA PULSA!

Perizinan Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan paling baik yg sediakan jasa layanan kepada pembukaan akun permainan judi atau taruhan online kepada kamu di perutusan judi online yang bertingkat International, benar dan terpercaya hanya di zeusbola.

Yang Merupakan Peserta Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola sudah berkerja sama dgn maskapai Sbobet beroperasi di Asia yg dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh penundukan Isle of Man untuk beroperasi yang merupakan juru taruhan olahraga sedunia.


https://bolazeus.info/2018/12/31/situs-agen-taruhan-online-deposit-via-pulsa-25rb/
https://bolazeus.info/2018/12/30/agen-betting-online-deposit-via-pulsa-telkomsel/
https://bolazeus.info/2018/12/29/situs-agen-betting-online-deposit-pulsa-terpercaya/
https://bolazeus.info/2018/12/28/agen-betting-online-deposit-pulsa-terpercaya-di-asia/


Ayo daftar sekarang di Zeusbola ---> http://104.248.148.252/

BANYAK PROMO DISINI

Agen Poker pulsa Terpercaya Di Indonesia, kediaman agen Judi Online memperuntukkan pulsa yaitu sama cukong judi yang menyimpan pergelaran poker online pada kala ini sudah banget gampang degnan munculnya pementasan ini poker online deposit melalui pulsa kemudahan padat berkelakuan disebuah atraksi judi online yang dapat kita jumpai saat ini memang buah semenjak makin tumbuhnya zaman dan teknologi kala ini didalam permainan agunan online. Atas cuma menyimpan pulsa seakan-akan uang deposit permainan di Zeusbola online, awak sudah menggerapai giliran yang lawas berpura-pura beserta memihak permainan.

Beraga menahan pulsa didalam atraksi poker online jelasnya memang bakal semakin melampiaskan personel saat kalian mengerjakan pergelaran tandon online. Berlandaskan masuknya deposit melewati pulsa maka petugas akan boleh dengan gampang berat bergaya beserta menjabat pemenang didalam sebentuk tontonan poker. Atraksi poker online sedimen melalui pulsa pastinya tentu menggondol sebagian profit berlaku yang dapat berwujud pulsa saja maupun berupa uang betul didalam sepadan atraksi judi online.

BACA JUGA:

http://134.209.98.69/fasilitas-lengkap-poker-deposit-via-pulsa-di-indonesia/
http://134.209.98.69/tips-bermain-judi-online-pakai-pulsa-paling-ampuh/
http://134.209.98.69/situs-poker-online-pulsa-terpercaya-di-indonesia/


Daftar sekarang hanya di ZeusBola

S128Cash | Situs Bandar Judi Online Terbaik 2019
S128Cash Menyediakan semua permainan yang paling populer dikalangan masyarakat Indonesia pada umumnya.
Bagi Anda yang ATM lagi kosong atau malas untuk ke ATM kalau mau deposit, tidak perlu khawatir.. Karena di S128Cash menyediakan deposit via PULSA, OVO, GOPAY juga, sangat membantu bukan?
Bukan itu saja, disini juga siap menerima Deposit dan Withdraw 24 jam setiap hari tanpa LIBUR dengan proses yang sangat CEPAT !!

Jadi apa lagi yang Anda tunggu? Segera Daftarkan diri Anda.
Hubungi kami :
- Livechat : S128Cash
- WhatsApp : 081910053031

Link Alternatif :
- http://www.s128cash.org

Sabung Ayam Online

Ayam Sabung

BONUS NEW MEMBER 20%

CemePoker yakni kantor cabang Poker Online, Domino, Ceme, dan Capsa yg menyediakan berbagai banyak game bersama 1 user ID saja dan cemepoker di anugerahkan sbg peserta judi poker bersama rating win tertinggi.
poker online menjamin 100% keamanan semua membernya lagi pemain Poker kami dijamin 100% Player VS Player.
jangan sampai silap nantikan kompensasi menyentak tiap-tiap bulannya dan pahala referal sama tua pandangan hidup

https://www.pokerceme.info/daftar-poker-online-deposit-via-ovo/

Ayo sekarang di cemepoker ---> http://104.248.153.37/

MAINKAN GAMES ONLINE KEKINIAN & TERPOPULER DI INDONESIA BERSAMA Bandar Judi Zeus Slot Deposit Pulsa – Zeus Slot.

Segera Gabung Untuk Menikmati Permainan ZEUS SLOT DEPOSIT PULSA BERSAMA ZEUS BOLA

Jangan Lupa Ajak Temannya Untuk Bergabung & Aktif Bermain.

Jangan Tunggu Lagi, Daftar Sekarang Juga Bersama Agen Resmi Zeusbola Di Indonesia

DAFTAR Judi Slot Deposit Pulsa – Slot Pulsa : http://104.248.148.252/.

Hubungi Contact Kami Untuk Informasi Lebih Lanjut :

Contact Person Us :
Link : Www.zeusbola.win
Whatsapp : 0813 3355 5996
SMS : 0813 3355 5996


Link Alternatif ZEUSBOLA :
https://medium.com/@marketingzeusbola/judi-deposit-pulsa-slot-online-slot-pulsa-5f730916ecd1

http://134.209.98.69/judi-deposit-pulsa-slot-online-slot-pulsa/

Daftar Judi Online Deposit LinkAja Tcash
http://134.209.98.69/daftar-judi-online-deposit-via-linkaja-tcash/
Daftar Slot Deposit LinkAja — Daftar Slot LinkAja



Poker Pulsa
Judi Poker Pulsa
Slot Pulsa
Judi Slot Pulsa

Ayam Bangkok Hitam Juara Sekali Pukul Mati
Sabung Ayam Online

Dapatkan Double Bonus dari Donaco Poker Setiap Hari!!
Mau Tau Caranya??? Ayo Daftar..!!.atau Hubungi Kami Segera......

WHATSAPP : +6281333555662

BANYAK PROMO DISINI

Agen Judi Pulsa Terpercaya Di Indonesia, peran perwakilan Poker Online meninggalkan pulsa yaitu sealiran tengkulak judi yang menyediakan atraksi poker online pada saat ini sudah banget sederhana degnan hadirnya atraksi ini poker online deposit via pulsa akomodasi berkualitas bersandiwara disebuah pementasan judi online yang larat kita jumpai masa ini emang buah berpokok semakin bertumbuhnya waktu dan teknologi masa ini didalam permainan rungguhan online. Berlandaskan cukup menyerukan pulsa bagaikan aset endapan atraksi di poker via pulsa online, pemain sudah mengulurkan giliran yang luas berlagak dan membela permainan.

Bermegah-Megah memajukan pulsa didalam pertunjukan judi online mestinya emang bakal kian mempermudah anggota kala kamu berbuat pementasan gadaian online. Berlandaskan munculnya sedimen melalui pulsa alkisah anggota tentu pintar berdasarkan gampang bermutu beraga beserta menjabat pemenang didalam sebuah tontonan poker. Pementasan poker online sedimen lewat pulsa pastinya bakal menyenggau beberapa khasiat berlagu yang mampu berwujud pulsa jua maupun berwujud uang benar didalam secorak pementasan judi online.

BACA JUGA:
judi deposit pulsa
bandar judi deposit pulsa
judi deposit pulsa telkomsel


Ayo daftar sekarang hanya di ZeusBola

PROMO KHUSUS MEMBER BARU 15%

DewaZeus merupakan bagian dari situs ZeusBola, yg merupakan mater master bandar taruhan judi bola, Casino, Poker, taruhan sabung ayam online S128, CF88 DewaPoker, Live Casino Agen Resmi Lisensi Filipina Paling Terpercaya di Indonesia, hanya di Bolazeus.

Sbg Perwakilan Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola sudah berkerja sama dgn maskapai Sbobet beroperasi di Asia yg dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh sang presiden Isle of Man bagi beroperasi yang merupakan juru taruhan latihan jasmani sedunia.

https://dewazeus.site/cara-bermain-poker-online-deposit-via-pulsa/
https://dewazeus.site/situs-agen-taruhan-online-terpercaya-deposit-pulsa/
login zeusbola

Ayo daftar sekarang di dewazeus.site

Bolavita Menyediakan permainan yang sangat lengkap ! Memiliki Licensi Resmi Yang Berlokasi di Filipina, Aman dan Terjamin Keamanannya !

Tersedia Judi Bola Online Dengan pasaran terlengkap, Judi Sabung Ayam, Judi Casino, Judi Slot Dan Masih banyak lainnya..

Tersedia juga banyak bonus meriah lainnya yang dapat anda Klaim setiap Hari !

» Bonus Deposit pertama 10%
» Bonus Cashback Mingguan 5% - 10%
» Bonus Rollingan 0.5% + 0.7%
» Bonus 100% Win Beruntun 8x, 9x, 10x

Jangan sungkan hubungi Kontak Cs kami yang online 24 Jam dibawah ini :
Kontak Whatsapp Cs Kami (Online 24 Jam) : +62812-2222-995
Atau Bisa Langsung Klik Link : http://bit.ly/kontakonline24jam

#agenbolavita #bandarbolavita #situsbolavita #casino #sabungayam #roulette #judidadu #judionline #bandaronline

S128
SV388
CASINO
TEMBAK IKAN
SLOT

ZEUSBOLA merupakan Agen Slot Game Deposit Pulsa [ XL, AXIS, TELKOMSEL ]
Deposit 25.000..
Ayo tunggu apalagi bos, segera daftrakan sekarang juga...!!!

ZEUSBOLA Adalah Situs Agen Judi Online Terpercaya Indonesia Pertama Yang Menyediakan Berbagai Macam Permainan Online Seperti :

*SPORTSBOOK
*LIVE CASINO
*IDN LIVE
*IDN POKER
*SLOT GAMES
*TEMBAK IKAN
*JOKER123
*SABUNG AYAM
*TOGEL ONLINE

Caranya mainnya juga gampang, langsung daftar di link ini
atau hubungi kontaknya di https://linktr.ee/zeusbola.official ( KLIK DISINI )

Untuk Layanan Support Bank yang dapat dipergunakan pada Judi Online ZEUSBOLA terdapat beberapa jenis Bank Lokal seperti :

Bank BCA

Bank BNI

Bank BRI

Bank DANAMON

Bank MANDIRI


Promo Bonus yang berlangsung pada Judi Online ZEUSBOLA :
Bonus New Member 15%
Bonus New Member 10% ( Sabung Ayam )
Bonus Cashback/Kekalahan Sportsbook Up To 15%
Bonus Rollingan Up To 0.6%
Bonus Harian 10%
Bonus Reward

Serta terdapat berbagai jenis kelebihan dari ZEUSBOLA yang bisa anda dapatkan yaitu :

Bisa Deposit dengan VIA PULSA / OVO / GOPAY / LINKAJA / DANA.

Deposit & Withdraw tidak sulit dan sangat cepat.

Proteksi Keamanan user ID member terbaik.

Proteksi keamanan pada menu Lupa Password yang aman serta tidak menyulitkan.

Layanan Website 24jam setiap hari.

Tanpa adanya rekasaya apapun dalam permainan (NOBOT).

Bonus Paling mudah didapatkan dan paling besar.


Segera Daftarkan diri anda dan bermain bersama kami di ZEUSBOLA.
Alamat Situs Resmi :http://zeusbola.site/

Alamat Situs Alternatif :
http://zeusbola.club/
http://zeusbola.site/
http://zeusbola.best/

Kontak ZEUSBOLA :
Whatsap : +62 813 3355 5996
LINE : ZEUSBOLA
TELEGRAM: t.me/zeusbola

Situs Judi Slot Online Terbaik Deposit Pulsa

Zeusbola Agen Judi Terbaik Deposit e-Money

Winning303

Agen judi online terbaru

Tersedia games :
Poker
sports
live casino
slots
togel
sabung ayam

Link terbaru kami
www.winning303.pw

Info lebih lanjut :
WA : 0877 8542 5244

Winning303

Tersedia berbagai macam permainan menarik :
Sports
Slot
casino
Sabung ayam

Link terbaru kami : www.winning303.pw

Dapatkan Double Bonus dari Donaco Poker Setiap Hari!!
Mau Tau Caranya??? Ayo Daftar..!!.atau Hubungi Kami Segera......

WHATSAPP : +6281333555662

Winning303

Tersedia Banyak Permainan Menarik dari Kami :
Sports
Slot
Live casino
Togel
Sabung Ayam

Silahkan Klik ID Gratis Sabung Ayam

www.winning303.pw

https://www.patreon.com/posts/bagaimana-cara-37018590

Cara Membudidaya Ayam Arab bagi yang belum tahu cara membudidaya ayam arab. Tajen Online akan membagikan beberapa pengalaman dengan berbagai langkah yang bisa anda pahami di >>> https://tajenonline.live

Nonton Bareng Live Streaming Ayam Laga GRATIS.
Tajen Online
Ayam Bangkok
Ayam Aduan
Sabung Ayam

Winning303

PENAWARAN PROMOSI:
Promo Deposit Pulsa Tanpa Potongan Via TELKOMSEL / XL / AXIS

Memberikan Permainan Poker Paling Seru dengan Tingkat Kemenangan yang tinggi... Yakin anda susah menang??? coba saja di winning303.. Kemenangan tidak akan jauh dari semangat anda!!
Raih Jackpot Spesial yang bisa anda dapatkan...dengan modal kecil dapatkan bonus BESAR...
Hanya di Winning303...

Winning303 juga menyediakan permainan lain dengan 1 ID...
1. Sportsbook
2. Live Casino
3. Slot Online
4. Sabung Ayam
5. Poker IG

Silahkan Klik ID Gratis Sabung Ayam

• Bonus new member 20%
• Bonus Next Deposit 10%
• Bonus rollingan poker sampai 0,7%
• Bonus referral sampai SEUMUR HIDUP
• Bonus Cashback 5-10 %
• Bonus Menang 7x sabung ayam sv388

Ayo Langsung bergabung dengan kami...
Customer Service 24 Jam
Hubungi Kami di :
WA:+6287785425244

ZeusBola - Bandar Sabung Ayam Online Taji S128 dan Sv388
Menerima Deposit via Pulsa dan E-money
(OVO, DANA, LINKAJA, GOPAY dan JENIUS)
Dapatkan Bonus 7x Win Beruntun Hingga 5jt
Pendaftaran : http://zeusbola.asia

Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
Whatsapp : 0822 7710 4607

Jadwal S128 Sabung Ayam Online 4 Agustus 2020

Daftar: Daftar Togel Pulsa

JOIN GRUP : Join Grup Facebook Prediksi Togel

SELAMAT MENCOBA SEMOGA BERUNTUNG...

Casino Online :

Bacarrat,Monopoly,Billiards,Suwit,GongBall,24D,12D,Roulette,SicboDice,Oglog,Dice 6,Head tail,Red White,24Spin dan Poker Dice.
Minimal Deposit Hanya Rp.10.000 Bisa main semua Game dengan minimal Bett 500.

Agen Togel Via Pulsa
Agen Togel Terpercaya
Situs Togel Pulsa
Agen Togel Hongkong
Agen Togel Singapura
Agen Togel Sydney
Agen Toto Macau
Museumtoto IDNLive

Caranya mainnya juga gampang, langsung daftar link di bawah ini :

Agen Togel Terpercaya
Agen Togel Sydney
Agen Toto Macau
MuseumToto
Bandar Togel Online


Untuk Layanan Support Bank yang dapat dipergunakan pada Judi Online MUSEUMTOTO terdapat beberapa jenis Bank Lokal seperti :

Bank BCA

Bank BNI

Bank BRI

Bank JENIUS / BTPN

Bank MANDIRI


PROMO

• Bonus New Member 20%
• Bonus Next Deposit 5%
• Bonus Cashback Casino Up To 10%
• Extra Bonus Prize 2 & Prize 3
• Bisa Deposit Via Pulsa XL & TSEL

Diskon dan Hadiah

• 2D Discon 29% ( Pembayaran x 70 )
• 3D Discon 58% ( Pembayaran x 400 )
• 4D Discon 66% ( Pembayaran x 3000 )
• Minimal Deposit : 10.000
• Minimal Withdraw :50.000
• Minimal Betting : 500


EXTRA BONUS
HADIAH PRIZE II:
• 4D : 200.000
• 3D : 60.000
• 2D : 10.000

HADIAH PRIZE III:
• 4D : 100.000
• 3D : 40.000
• 2D : 5.000


Serta terdapat berbagai jenis kelebihan dari MUSEUMTOTO yang bisa anda dapatkan yaitu :

Bisa Deposit dengan VIA PULSA / OVO / GOPAY / LINKAJA / DANA.

Diskon dan Hadiah Paling Besar.

Deposit & Withdraw tidak sulit dan sangat cepat.

Proteksi Keamanan user ID member terbaik.

Proteksi keamanan pada menu Lupa Password yang aman serta tidak menyulitkan.

Layanan Website 24jam setiap hari.

Tanpa adanya rekasaya apapun dalam permainan.

Bonus Paling mudah didapatkan dan paling besar.


Segera Daftarkan diri anda dan bermain bersama kami di MUSEUMTOTO.
Alamat Situs Resmi :LINK RESMI MUSEUMTOTO ( KLIK DISINI )

WA : +6283157394921

CHAT SEKARANG KLIK DISINI

Alamat Situs Alternatif :

LINK ALTERNATIF MUSEUMTOTO ( KLIK DISINI )
LINK ALTERNATIF MUSEUMTOTO ( KLIK DISINI )
LINK ALTERNATIF MUSEUMTOTO ( KLIK DISINI )

Rekomendasi Judi Online Museumbola :

Daftar Museumbola
Login Museumbola
Alternatif Museumbola

Museumpoker situs IDN Poker terbaik Indonesia deposit termurah hadir memberikan layanan taruhan permainan online hingga 9 jenis permainan. Rating kemenangan tertinggi tanpa adanya robot serta admin.

9 Permainan Dalam 1 Akun
* Poker
* DominoQQ
* Bandar Ceme
* Ceme Keliling
* Capsa Susun
* Pot Limit Super10
* Omaha
* Blackjack
* Superbull

Promo Terbaru MuseumPoker
- Bonus Deposit Harian
- Deposit Via Pulsa Telkomsel & XL / Axis
- Bonus Deposit New Member 20%
- Bonus Mingguan 0.5%
- Bonus Jackpot

Daftar Poker Online

Kontak Resmi
WA : +6282267932581
LINE : museumpoker
Telegram : +6282267932581

Situs Poker Online Deposit GoPay 10 Ribu Termurah

Situs Poker Online Deposit OVO

Bandar Togel Terpercaya
SITUS TOGEL TERBAIK
AGEN TOGEL TERBAIK 2021

MBO128 BANDAR TOGEL TERPERCAYA 2021

Masih Bingung untuk cari Situs togel online terpercaya?
Yung langsung gabung di Agen Togel Terpercaya MBO128
Menyediakan permainan Togel dengan pasaran yang lengkap

Untuk pendaftaran bisa langsung Klik link berikut :
https://mbo128.com/togel

Banyak juga permainan lainnya, Langsung daftar melalui link di bawah :
https://mbo128.net/register/FAC48C4A

KONTAK :
WhastApp: 0852-2255-5128

Transaksi bisa dilakukan melalui Via :
• PULSA ( Telkomsel , XL – Axis ) Bisa isi dari Counter / Transfer Pulsa / Alfamart dan Indomaret TANPA POTONGAN PULSA
• BANK ( BCA, Mandiri, BNI, BRI, Danamon, Permata,Semua Bank Nasional dan Daerah )
• E-Money ( OVO, Dana, LinkAja, PayPro, GoPay)

CLUB388CASH SLOT ONLINE INDONESIA TERBARU 2021

CLUB388CASH adalah situs judi slot online terbaik 2021 yang sudah sangat diminati oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Join bersama kami sekarang juga di CLUB388CASH
Bonus New Member 10%
Bonus Harian 5%

Dengan jumlah deposit yang terjangkau sudah bisa memainkan semua permainan yang tersedia.
Minimal Deposit Rp.10.000,-
Minimal Withdraw Rp.50.000.-

Yuk Buruan Join Sekarang Bersama Kami Di CLUB388CASH Situs Judi Slot Online Indonesia Terpercaya 2021
Banyak Permainan yang Mudah Mendapatkan JACKPOT!

Untuk pendaftaran bisa langsung Klik link berikut :
DAFTAR JUDI SLOT ONLINE

KONTAK :
WhastApp: 0819-1005-3031

Judi Slot Online Club388
Deposit Pulsa Tanpa Potongan
Poker Online
Situs Poker Online
Situs Poker Deposit Pulsa

BONUS SETIAP HARI DARI DONACO POKER 2021

Donacopoker adalah agen poker online Indonesia resmi yang melayani para pemain dari seluruh Indonesia untuk mendaftarkan diri dan bermain game kartu online yang unik. Untuk memberikan kenyamanan bagi pemain setia, Donacopoker hadir dan berikan bonus-bonus terbaik setiap harinya untuk semua game yang tersedia di Poker Online.

Keuntungan Jika bermain di website
- Proses Deposit dan withdraw maksimal 3 menit
- 100% No admin dan No robot
- Player vs Player
- Fair Play

Jalur Cepat:
WHATSAPP : +6281333555662
LINE : Donaco.poker
CHAT SEKARANG

Salam Kemenangan Untuk Anda.
Terima Kasih.

#DONACOPOKER #POKERIDN #POKERONLINE #BANDARCEME #CEME #DOMINO #SUPERTEN #CAPSA #OMAHA #BONUSPOKER #POKERTERPECAYA #DEPOSITPULSA

Promo Bonus Pulsa Tanpa Potongan !! ZEUSBOLA SOLUSINYA!!!
*Bonus New Member 15%
*Bonus Deposit Harian 10%
*Bonus Reward Setiap Tingkatan Level
*Bonus referral ZeusBola
*Bonus Cashback 15%
AYO...Tunggu apa lagi, Bergabung dan bermian di Zeus Bola dan dapatkan berbagai Bonus lainnya Bosku.

☎️ Whatsapp : +62 822-7710-4607
☎️ Link Whatsapp : https://zeusbo.la/whatsapp

DEPOSIT MURAH DAN HADIAH JUATAAN?
HANYA DIZEUSBOLA.
SEGERA DAFTAR DAN MAINKAN SEKARANG JUGA!
HADIAH BERUPA JUTAAN RUPIAH DAN IPHONE BARU!
NO TIPU”

UNTUK LEBIH LANJUT SILAHKAN HUBUNGI KAMI DI :
WHATSAPP :+62 822-7710-4607
TELEGRAM :Zeusbola
LINE : zeusbola
INSTAGRAM :zeusbola.official

BOLAVITA, Situs taruhan Online terkini, Kami menyediakan Berbagai jenis permainan yang menarik.

Menerima Juga Deposit Via Pulsa, LinkAja, Dana, Sakuku, OVO dan GO-Pay

Pendaftaran / Deposit / Withdraw bisa melalui Whatsapp +62812-1495-2061.

KLIK DISINI UNTUK MENDAFTAR BOLAVITA

Sering kalah dalam bermain Slot?
Atau
Tidak pernah Menang Sama sekali di agent lama anda??

Jangan Kecewa kawan
Mari join bersama kami

Agen Slot Terpercaya

Dapatkan ragam permainan Slot terlengkap
Serta Bonus Menarik setiap harinya

Happy Ape adalah slot baru dari Habanero yang menampilkan 5 kekili yang dilintasi oleh 15 baris.


Silahkan kunjungi Review Game Slot Terbaru dan slalu update hanya di Demoslot

KLIK >>> REVIEW DEMO SLOT ONLINE

KLIK >>> FACEBOOK DEMO SLOT ONLINE

KLIK >>> TWITTER DEMO SLOT ONLINE

KLIK >>> INSTAGRAM DEMO SLOT ONLINE

KLIK >>> REGISTER BVGAMING

KLIK >>> PROMO BOLAVITA

Nikmati permainan menarik lainnya secara GRATISS.

BANTUAN & DUKUNGAN
Customer Service 24 Jam

WA +62 812-9739-2623
WA +62 812-1495-2061

KLIK >>> WhatsApp BOLAVITA

Lagi bokek tapi mau bermain slot?
Klik ====>Demo Pragmatic – John Hunter and the Mayan Gods

Ayo Segera Daftar Akun Bermain Anda..Gratiss..

Klik >>>>>>> Daftar slot

Dengan minimal Depo hanya 25 ribu dan minimal Withdraw 50 ribu
Anda bisa bermain Slot. Menang berapapun kami bayar Bosku ^^

PENAWARAN PROMOSI:
• Bonus Deposit 20% New Member
• Bonus Deposit 5% Setiap Hari
• Bonus Cashback 5% - 10%
• Extra Bonus Prize 2 & Prize 3

Menerima Berbagai Metode Transaksi Terlengkap di Indonesia Minimal Deposit 10rb
Semua Bank Lokal
OVO
Gopay
Dana
Pulsa (Minimal Deposit 10rb Rate Terbaik)

Untuk Togel Kami Menyediakan 7 Pasaran

Hubungi Kami Secepatnya Di :
WHATSAPP : +6287777007391

===> LINK ALTERNATIF MUSEUMTOTO
===> LINK ALTERNATIF MUSEUMBOLA
===> LINK ALTERNATIF MUSEUMPOKER
===> LINK ALTERNATIF MUSEUMAYAM
===> CLUB388
===> SV388

BOLAVITA merupakan situs judi online terbaik dan terpercaya, dengan 1 USERID saja dapat memainkan semua permainan.

yang menyediakan berbagai macam bonus yang cukup menarik :
BONUS NEW MEMBER 10%
BONUS SETIAP HARI 5%
BONUS ROLLINGAN 0.5%
BONUS REFERRAL UP TO 10%

Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami via livechat ataupun :
✔ WA / TELEGRAM : +6281297392623

BONUS ROLLINGAN PERMAINAN CASINO & SLOT ONLINE
BONUS ROLLINGAN UNTUK LIVE CASINO DAN SLOT ONLINE 0.5%
HANYA BERLAKU UNTUK PRODUK MAXBET CASINO, CASINO 338A, WM CASINO, SVENUS (SV388), GD88 & PLAY 1628
BONUS ROLLINGAN DIBERIKAN KEPADA PEMAIN CASINO DAN SLOT BAIK MENANG MAUPUN KALAH
PERHITUNGAN BONUS AKAN DIHITUNG DARI TOTAL TURNOVER DALAM SEMINGGU (SENIN-MINGGU) DIBAGIKAN DI HARI SELASA

Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami via livechat ataupun :
✔ WA / TELEGRAM : +6281297392623

#bolavita #bonusrollingan #livegame #casinogame #gameonline #slotonline #livecasino #bandarbolavita #judibolavita #play1628

Gabung bersama kami di situs Bandar online terbaik BOLAVITA, dengan minimal deposit Rp 50.000 dan withdraw bisa puluhan juta rupiah.

CLAIM BONUS ANDA SETIAP MINGGUNYA DI BOLAVITA :
BONUS ROLLINGAN 1%
BONUS REFERRAL UP TO 1.%
BONUS CASHBACK 10%

PROSES TRANSAKSI DEPO DAN WD PASTINYA CEPAT DAN AMAN!!

MENERIMA DEPOSIT DARI SELURUH BANK TERNAMA DI INDONESIA, E-WALLET & PULSA TANPA POT RATE

Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami via livechat ataupun :
✔ WA / TELEGRAM : +6281297392623

Posting Komentar