Selasa, 04 Oktober 2011

Artikel Pemanfaatan Kotoran Ayam (Ternak)

Limbah ternak adalah sisa buangan dari suatu kegiatan usaha peternakan seperti usaha pemeliharaan ternak, rumah potong hewan, pengolahan produk ternak, dll. Limbah tersebut meliputi limbah padat dan limbah cair seperti feses, urine, sisa makanan, embrio, kulit telur, lemak, darah, bulu, kuku, tulang, dan sebagainya. Apabila usaha peternakan semakin berkembang maka limbah yang dihasilkan juga akan semakin banyak.

Limbah ternak terbanyak biasanya dihasilkan dari ternak ruminansia seperti sapi, kerbau kambing, dan domba. Umumnya setiap kilogram susu yang dihasilkan ternak perah menghasilkan 2 kg limbah padat (feses), dan setiap kilogram daging sapi menghasilkan 25 kg feses.
Selain menghasilkan feses dan urine, dari proses pencernaan ternak ruminansia menghasilkan gas metan (CH4) yang cukup tinggi. Pada peternakan di Amerika Serikat, limbah dalam bentuk feses yang dihasilkan tidak kurang dari 1.7 milyar ton per tahun. Di Indonesia, emisi metan per unit pakan atau laju konversi metan lebih besar karena kualitas hijauan pakan yang diberikan rendah. Semakin tinggi jumlah pemberian pakan kualitas rendah, semakin tinggi produksi metan.
Limbah ternak masih mengandung nutrisi atau zat padat yang potensial untuk mendorong kehidupan jasad renik yang dapat menimbulkan pencemaran. Suatu studi mengenai pencemaran air oleh limbah peternakan melaporkan bahwa total sapi dengan berat badannya 5000 kg selama satu hari, produksi manurenya dapat mencemari 9.084 x 107 m3 air. Selain melalui air, limbah peternakan sering mencemari lingkungan secara biologis yaitu sebagai media untuk berkembang biaknya lalat. Kandungan air manure antara 27-86 % merupakan media yang paling baik untuk pertumbuhan dan perkembangan larva lalat, sementara kandungan air manure 65-85 % merupakan media yang optimal untuk bertelur lalat.
Kehadiran limbah ternak dalam keadaan keringpun dapat menimbulkan pencemaran yaitu dengan menimbulkan debu. Pencemaran udara di lingkungan penggemukan sapi yang paling hebat ialah sekitar pukul 18.00, kandungan debu pada saat tersebut lebih dari 6000 mg/m3, jadi sudah melewati ambang batas yang dapat ditolelir untuk kesegaran udara di lingkungan (3000 mg/m3).
Salah satu akibat dari pencemaran air oleh limbah ternak ruminansia ialah meningkatnya kadar nitrogen. Senyawa nitrogen sebagai polutan mempunyai efek polusi yang spesifik, dimana kehadirannya dapat menimbulkan konsekuensi penurunan kualitas perairan sebagai akibat terjadinya proses eutrofikasi, penurunan konsentrasi oksigen terlarut sebagai hasil proses nitrifikasi yang terjadi di dalam air yang dapat mengakibatkan terganggunya kehidupan biota air.
Tinja dan urine dari hewan yang tertular dapat sebagai sarana penularan penyakit, misalnya saja penyakit anthrax melalui kulit manusia yang terluka atau tergores. Spora anthrax dapat tersebar melalui darah atau daging yang belum dimasak yang mengandung spora. Dampak limbah ternak memerlukan penanganan yang serius.

Penanganan Limbah Ternak

Penanganan limbah ternak akan spesifik pada jenis/spesies, jumlah ternak, tatalaksana pemeliharaan, areal tanah yang tersedia untuk penanganan limbah dan target penggunaan limbah. Penanganan limbah padat dapat diolah menjadi kompos, yaitu dengan menyimpan atau menumpuknya, kemudian diaduk-aduk atau dibalik-balik. Perlakuan pembalikan ini akan mempercepat proses pematangan serta dapat meningkatkan kualitas kompos yang dihasilkan. Setelah itu dilakukan pengeringan untuk beberapa waktu sampai kira-kira terlihat kering. Penanganan limbah cair dapat diolah secara fisik, kimia dan biologi. Berikut merupakan penjelasannya :
Pengolahan fisik
Pengolahan secara fisik disebut juga pengolahan primer (primer treatment). Proses ini merupakan proses termurah dan termudah, karena tidak memerlukan biaya operasi yang tinggi. Metode ini hanya digunakan untuk memisahkan partikel-partikel padat di dalam limbah. Beberapa kegiatan yang termasuk dalam pengolahan secara fisik antara lain seperti floatasi, sedimentasi, dan filtrasi.
Pengolahana kimia
Pengolahan secara kimia disebut juga pengolahan sekunder (secondary treatment) yang bisanya relatif lebih mahal dibandingkan dengan proses pengolahan secara fisik. Metode ini umumnya digunakan untuk mengendapkan bahan-bahan berbahaya yang terlarut dalam limbah cair menjadi padat. Pengolahan dengan cara ini meliputi proses-proses sperti netralisasi, flokulasi, koagulasi, dan ekstrasi.
Pengolahan biologi
Pengolahan secara biologi merupakan tahap akhir dari pengolahan sekunder bahan-bahan organik yang terkandung di dalam limbah cair. Limbah yang hanya mengandung bahan organik saja dan tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya, dapat langsung digunakan atau didahului denghan pengolahan secara fisik.
Pemanfaatan Limbah Ternak
Ada banyak manfaat yang dapat dipetik dari limbah ternak, apalagi limbah tersebut dapat diperbaharui selama ada ternak. Limbah ternak masih mengandung nutrisi atau zat padat yang potensial untuk dimanfaatkan. Limbah ternak kaya akan nutrient (zat makanan) seperti protein, lemak, bahan ekstrak tanpa nitrogen (BETN), vitamin, mineral, mikroba atau biota, dan zat-zat yang lain (unidentified subtances). Limbah ternak dapat dimanfaatkan untuk bahan energi, pupuk organik, media tumbuh dan lain-lain.

Limbah Ternak Sebagai Penghasil Gasbio

Permasalahan limbah ternak, khususnya manure dapat diatasi dengan memanfaatkan menjadi bahan yang memiliki nilai yang lebih tinggi. Salah satu bentuk pengolahan yang dapat dilakukan adalah menggunakan limbah tersebut sebagai bahan masukan untuk menghasilkan bahan bakar gasbio. Kotoran ternak ruminansia sangat baik untuk digunakan sebagai bahan dasar pembuatan biogas. Ternak ruminansia mempunyai sistem pencernaan khusus yang menggunakan mikroorganisme dalam sistem pencernaannya yang berfungsi untuk mencerna selulosa dan lignin dari rumput atau hijauan berserat tinggi. Oleh karena itu pada tinja ternak ruminansia, khususnya sapi mempunyai kandungan selulosa yang cukup tinggi. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa tinja sapi mengandung 22.59% sellulosa, 18.32% hemi-sellulosa, 10.20% lignin, 34.72% total karbon organik, 1.26% total nitrogen, 27.56:1 ratio C:N, 0.73% P, dan 0.68% K (Lingaiah dan Rajasekaran, 1986).
Gasbio adalah campuran beberapa gas, tergolong bahan bakar gas yang merupakan hasil fermentasi dari bahan organik dalam kondisi anaerob, dan gas yang dominan adalah gas metan (CH4) dan gas karbondioksida (CO2) (Simamora, 1989). Gasbio memiliki nilai kalor yang cukup tinggi, yaitu kisaran 4800-6700 kkal/m3, untuk gas metan murni (100 %) mempunyai nilai kalor 8900 kkal/m3. Menurut Maramba (1978) produksi gasbio sebanyak 1275-4318 I dapat digunakan untuk memasak, penerangan, menyeterika dan mejalankan lemari es untuk keluarga yang berjumlah lima orang per hari.
Bahan gasbio dapat diperoleh dari limbah pertanian yang basah, kotoran hewan (manure), kotoran manusia dan campurannya. Kotoran hewan seperti kerbau, sapi, babi dan ayam telah diteliti untuk diproses dalam alat penghasil gasbio dan hasil yang diperoleh memuaskan (Harahap et al., 1980). Perbandingan kisaran komposisi gas dalam gasbio antara kotoran sapi dan campuran kotoran ternak dengan sisa pertanian dapat dilihat pada tabel berikut :
Tabel Komposisi gas dalam gasbio (%) antara kotoran sapi
dan campuran kotoran ternak dengan sisa pertanian.
Jenis gas
Kotoran sapi
Campuran kotoran ternak dan sisa pertanian
Metan (CH4)
Karbondioksida (CO2)
Nitrogen (N2)
Karbonmonoksida (CO)
Oksigen (O2)
Propen (C3H8)
Hidrogen sulfida (H2S)
Nilai kalor (kkal/m3)
65.7
27.0
2.3
0.0
0.1
0.7
tidak terukur
6513
54-70
45-27
0.5-3.0
0.1
6.0
-
sedikit sekali
4800-6700
Sumber : Harahap et al. (1978).
Pembentukan gasbio dilakukan oleh mikroba pada situasi anaerob, yang meliputi tiga tahap, yaitu tahap hidrolisis, tahap pengasaman, dan tahap metanogenik. Pada tahap hidrolisis terjadi pelarutan bahan-bahan organik mudah larut dan pencernaan bahan organik yang komplek menjadi sederhana, perubahan struktur bentuk primer menjadi bentuk monomer. Pada tahap pengasaman komponen monomer (gula sederhana) yang terbentuk pada tahap hidrolisis akan menjadi bahan makanan bagi bakteri pembentuk asam. Produk akhir dari gula-gula sederhana pada tahap ini akan dihasilkan asam asetat, propionat, format, laktat, alkohol, dan sedikit butirat, gas karbondioksida, hidrogen dan amoniak. Sedangkan pada tahap metanogenik adalah proses pembentukan gas metan. Sebagai ilustrasi dapat dilihat salah satu contoh bagan perombakan serat kasar (selulosa) hingga terbentuk gasbio.
Sedangkan bakteri-bakteri anaerob yang berperan dalam ketiga fase di atas terdiri dari :
1. Bakteri pembentuk asam (Acidogenic bacteria) yang merombak senyawa organik menjadi senyawa yang lebih sederhana, yaitu berupa asam organik, CO2, H2, H2S.
2. Bakteri pembentuk asetat (Acetogenic bacteria) yang merubah asam organik, dan senyawa netral yang lebih besar dari metanol menjadi asetat dan hidrogen.
3. Bakteri penghasil metan (metanogens), yang berperan dalam merubah asam-asam lemak dan alkohol menjadi metan dan karbondioksida. Bakteri pembentuk metan antara lain Methanococcus, Methanobacterium, dan Methanosarcina.

Limbah Ternak Sebagai Pupuk Organik

Di negara China tidak jarang dapat dilihat pembuangan limbah peternakan disatukan penampungannya dengan limbah manusia, untuk kemudian dijadikan pupuk organik tanaman hortikultura. Selain itu ada juga yang mencampurnya dengan lumpur selokan, untuk kemudian digunakan sebagai pupuk. Sebanyak 8-10 kg tinja yang dihasilkan oleh seekor sapi per hari dapat menghasilkan pupuk organik atau kompos 4-5 kg per hari.
Farida (2000) mengungkapkan bahwa produksi kokon tertinggi diperoleh dari pemanfaatan 50 % limbah feces sapi yang dicampur dengan 50% limbah organik rumah tangga, yang bermanfaat untuk dijadikan pupuk organik.

Limbah Ternak Sebagai Bahan Pakan dan Media Tumbuh

Sebagai pakan ternak, limbah ternak kaya akan nutrien seperti protein, lemak BETN, vitamin, mineral, mikroba dan zat lainnya. Ternak membutuhkan sekitar 46 zat makanan esensial agar dapat hidup sehat. Limbah feses mengandung 77 zat atau senyawa, namun didalamnya terdapat senyawa toksik untuk ternak. Untuk itu pemanfaatan limbah ternak sebagai makanan ternak memerlukan pengolahan lebih lanjut. Tinja ruminansia juga telah banyak diteliti sebagai bahan pakan termasuk penelitian limbah ternak yang difermentasi secara anaerob.
Penggunaan feses sapi untuk media hidupnya cacing tanah, telah diteliti menghasilkan biomassa tertinggi dibandingkan campuran feces yang ditambah bahan organik lain, seperti feses 50% + jerami padi 50%, feses 50% + limbah organik pasar 50%, maupun feses 50% + isi rumen 50% (Farida, 2000).


Manfaat Limbah ternak lainnya :

Kotoran Sapi menjadi meja dan kursi

Para peneliti di Michigan State University bekerja sama dengan Departemen Pertanian AS (USDA) mengembangkan teknik pemrosesan dan pemurnian kotoran sapi agar menjadi serbuk yang siap dipakai sebagai material penguat serat. Kedengarannya menjijikan tapi jangan khawatir karena kotoran sapi yang sudah diolah tidak lagi berbau dan tidak membahayakan.
Sejak lama peternak tradisional memanfaatkan kotoran sapi sebagai pupuk kompos alami yang hanya ditaburkan di sekitar tanamannya. Namun, karena jumlah peternakan yang semakin besar dan tidak sebanding dengan lahan garapan, kotoran sapi menjadi limbah. Bau kotoran sapi menjadi polusi yang mengganggu lingkungan perumahan. Sebagian peternak bahkan harus mengeluarkan uang begitu besar hanya untuk menangani limbah ini.
Menurut Tim Zauche, profesor kimia dari Universitas Winconson seorang peternak sapi perah rata-rata mengeluarkan 200 dollar AS untuk setiap sapinya dalam setahun hanya untuk urusan ini. Bahkan, karena tuntutan pemerintah dan penduduk sekitar, beberapa peternakan besar memasang sistem pengolahan yang mahal. Kotoran sapi diolah sehingga menghasilkan panas dan sumber gas metana sebagai bahan bakar. Residunya tidak lagi berbau serta bermanfaat sebagai kompos atau media bibit.
Namun, para peneliti berusaha memanfaatkannya lebih jauh sebagai material campuran pengganti serbuk gergajian untuk memperkuat serat. Seperti halnya produk yang menggunakan serbuk gergajian, serbuk dari kotoran sapi yang telah diolah dicampur dengan resin kemudian dicetak dengan pemanasan dan penekanan. Sejauh ini, serat yang menggunakan serbuk kotoran sapi sama bahkan lebih kuat daripada serat campuran gergaji kayu. Para ilmuwan di Michigan telah menguji coba berbagai kombinasi untuk menemukan campuran yang paling kuat.
Pembuatan Briket dan pengendali patogen cendawan mentimun
Di India dengan adanya tinja sapi sebanyak 5 kg perekor dan kerbau 15 kg perekor, oleh pemerintah India disarankan untuk dihasilkannya dung cake (briket) secara massal sebagai sumber energi. Dilaporkan dari percobaan Basak and Lee (2001) bahwa tinja sapi yang segar pada perbandingan 1:2 mampu mengendalikan (100%) patogen cendawan akar mentimun (Cucumis sativus L.) dari serangan root rot oleh Fusarium solani f.sp. cucurbitae Synder and Hansen, dan layu oleh Fusarium oxysporum f.sp. cucumerinum Owen. Tinja sapi kemungkinan memiliki mekanisme pertahanan dan memberikan perlindungan pada bagian leher tanaman.

Daftar Pustaka :
Nurtjahya, Eddy. Dkk. 2003. Pemanfaatan limbah ternak ruminansia untuk mengurangi pencemaran lingkungan. Makalah Pengantar Falsafah Sains. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

55 komentar:

PROMO MEMBER BARU 20%

DewaZeus adalah bagian dari situs ZeusBola, yang merupakan bandar bandar taruhan judi bola, Casino, Poker, taruhan sabung ayam online S128, CF88 DewaPoker, Live Casino Dealer Resmi Lisensi Filipina Paling Terpercaya di Indonesia, hanya di DewaZeus.

Yang Merupakan Peserta Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola sudah berkerja sama dgn maskapai Sbobet beroperasi di Asia yg dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh sang presiden Isle of Man untuk beroperasi sebagai juru taruhan sport sedunia.

http://www.dewazeus.org/tips-untuk-mengobati-masalah-ayam-yang-sering-ngorok/
http://www.dewazeus.org/klarifikasi-penyakit-infeksi-yang-terjadi-pada-ayam-aduan/
http://www.dewazeus.org/tips-trik-melatih-fisik-ayam-aduan-agar-kuat-dan-sehat/

Ayo join sekarang di dewazeus.org

PROMO BONUS DEPOSIT HARIAN INDOKARTU

Minimal Deposit!

=== 7 Permainan 1 USER ID ===
JUDI KARTU ONLINE & AGEN POKER ONLINE
INDOKARTU merupakan situs judi kartu online Indonesia terpercaya dan terlengkap dalam memberikan game judi online seperti poker online, domino online, bandar ceme online, blackjack online, Bahkan sebagai web Agen Poker Online uang asli yang menyediakan transaksi dari bank BCA, BNI, BRI, Bank Mandiri, memberikan deposit kecil yang sangat murah serta memberikan hadiah jackpot setiap harinya & bisa bermain dengan para player dari seluruh kota yang ada di Indonesia. Main poker online terpercaya di IndoKartu

http://www.indokartu.info/2018/07/24/cara-bermain-domino-qiu-qiu-online-indokartu/
http://www.indokartu.info/2018/07/29/cara-bermain-super-ten-di-situs-terpercaya/
http://www.indokartu.info/2018/07/31/tips-dan-trik-bermain-domino-qiu-qiu-online/


Ayo gabung sekarang di indokartu.net

BONUS 10% EVERY DAY

Perizinan Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan paling baik yg sediakan jasa pelayanan pada permulaan akun permainan judi atau taruhan online buat kamu di perizinan judi online yg berderajat International, sungguh dan terpercaya hanya di situs judi online.

Yang Merupakan Perwakilan Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola sudah berkerja sama dengan perusahaan Sbobet beroperasi di Asia yang dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh sang penguasa Isle of Man kepada beroperasi sbg juru taruhan olahraga sedunia.

main judi deposit pakai pulsa

Ayo daftar sekarang hanya di Zeusbola.biz

TIDAK PUNYA SALDO UNTUK BERJUDI ?? TAPI MEMILIKI BANYAK PULSA ???

SEGERA SEKARANG DAFTAR DI ZEUSBOLA(.)BIZ DAPATKAN DEPOSIT VIA PULSA, DEPOSIT VIA OVO, DEPOSIT VIA PAYPRO, DEPOSIT VIA ATM ALL BANK INDONESIA !!

MINIMAL DEPOSIT HANYA 25RB SAJA BOSSKUUU !!!!

ZEUSBOLA JUGA MENYEDIAKAN BERBAGAI FASILITAS SEPERTI DEPOSIT VIA PULSA, DEPOSIT VIA OVO, DEPOSIT VIA ATM BANK LOHH !!!

BURUAN DAFTAR DAN MAINKAN GAMES KEGEMARAN ANDA BERSAMA SITUS BETTING ONLINE TERPERCAYA DI INDONESIA !!

http://134.209.98.69/deposit-poker-pakai-ovo-lebih-praktis/

http://134.209.98.69/promo-bonus-freechip-ramadhan-situs-online/

UNTUK INFORMASI LEBIH LANJUTNYA HUBUNGI :
Whatsapp : 0813-3355-2228
SMS : 0813-3355-2228
LINE : zeusbola
BBM : bolazeus

DEPOSIT BISA VIA OVO!

Duta Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan terbaik yang menyediakan jasa layanan pada permulaan akun permainan judi atau taruhan online terhadap kamu di kantor cabang judi online yg berperingkat International, valid dan terpercaya hanya di zeus bola.

Sebagai Perutusan Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola sudah berkerja sama dengan maskapai Sbobet beroperasi di Asia yang dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh sang presiden Isle of Man buat beroperasi sbg juru taruhan sport sedunia.


https://bolazeus.info/2018/12/31/situs-agen-taruhan-online-deposit-via-pulsa-25rb/
https://bolazeus.info/2018/12/30/agen-betting-online-deposit-via-pulsa-telkomsel/
https://bolazeus.info/2018/12/29/situs-agen-betting-online-deposit-pulsa-terpercaya/
https://bolazeus.info/2018/12/28/agen-betting-online-deposit-pulsa-terpercaya-di-asia/


Ayo daftar sekarang di Zeusbola ---> http://104.248.148.252/

Ayu gabung sekarang juga bersama kami di situs S128Cash.
S128Cash merupakan sebuah Situs yang sudah lama berdiri yang menyediakan jasa permainan Games Online yang Terpercaya dan Teraman. Kini S128Cash hadir dengan memberikan berbagai macam PROMO BONUS seperti :
- BONUS NEW MEMBER 10%
- BONUS DEPOSIT SETIAP HARI 5%
- BONUS CASHBACK 10%
- BONUS FREEBET 200rB
- BONUS 7x KEMENANGAN BERUNTUN !! ( Sabung Ayam Online )

Jika Anda semua mencar Situs Bandar Game Online Terpercaya dan Teraman disinilah tempatnya.
Jadi, di tunggu ya kedatangan dan Daftar S128 Anda bersama kami.
Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami lewat :
- Livechat : S128Cash
- WhatsApp : 081910053031

Link Alternatif :
- http://www.s128cash.org

Manfaat Pemberian Gula Jawa Untuk Ayam Aduan
Sabung Ayam S1288

BOSAN KALAH MULU ? SEGERA GESER KE ZEUSBOLA

Hanya Dengan 1 Userid Sudah Dapat Bermain Berbagai Jenis permainan Yang Tersedia.

Menerima Deposit Via :
• DEPOSIT VIA ALL BANK LOKAL INDONESIA
• DEPOSIT VIA OVO
• DEPOSIT VIA TELKOMSEL
• DEPOSIT VIA XL/AXIS
• DEPOSIT VIA GOPAY
• DEPOSIT VIA LinkAja
• DEPOSIT VIA DANA

Jangan Tunggu Lagi, Daftar Sekarang Juga Bersama Agen Resmi Zeusbola Di Indonesia

DAFTAR AKUN ZEUSBOLA http://104.248.148.252/register

Hubungi Contact Kami Untuk Informasi Lebih Lanjut :

Contact Person Us :
Link : Www.zeusbola.win
Whatsapp : 0813 3355 5996
SMS : 0813 3355 5996

Link Alternatif ZEUSBOLA :
http://104.248.148.252/
Zeus Bola

Daftar Judi Online Deposit LinkAja Tcash
http://134.209.98.69/daftar-judi-online-deposit-via-linkaja-tcash/
Sabung Ayam Deposit LinkAja – S128 LinkAja


Poker Pulsa
Judi Poker Pulsa
Slot Pulsa
Judi Slot Pulsa

Kujungi Juga :


https://medium.com/@marketingzeusbola/daftar-s128-via-whatsapp-zeusbola-93a6c3a7ccd1

Nikmati Kemudahan DEPOSIT PULSA di Donaco Poker...
Proses Cepat dan Mudah..

Mainkan Permainan Dengan Kemenangan Tinggi menggunakan 1 user ID di Donaco Poker...
* POKER
* DOMINO
* BANDAR CEME
* CAPSA SUSUN
* CEME KELILING
* SUPER TEN
* OMAHA

Hubungi Kami Secepatnya Di :
LINE : Donaco.poker
WHATSAPP : +6281333555662

Ciri – Ciri Serta Cara Mengatasi Ayam Bangkok Bantat
Sabung Ayam Online

Dapatkan Double Bonus dari Donaco Poker Setiap Hari!!
Mau Tau Caranya??? Ayo Daftar..!!.atau Hubungi Kami Segera......

Info hub :
WHATSAPP : +6281333555662

Ciri Serta Bentuk Kaki Ayam Aduan Pukul Saraf
Sabung Ayam S128

Dapatkan Double Bonus dari Donaco Poker Setiap Hari!!
Mau Tau Caranya??? Ayo Daftar..!!.atau Hubungi Kami Segera......

WHATSAPP : +6281333555662

Judi Deposit Pulsa secara tidak langsung menjadi sasaran empuk para penggemar judi online profesional maupun pemula. Bagaimana tidak, tranasksi yang jauh lebih praktis dan mudah menjadi incaran para pemain dan sangat cocok bagi pemain yang menggunakan mesin ATM. Sebelumnya beberapa metode transaksi telah hadir, sebut saja OVO, Gopay, LinkAJa, Dana, dan lainnya namun kurang di lirik oleh pemain.

http://167.71.214.170/
Texas Poker
Judi Poker
Sakong Online
Judi Deposit Pulsa
Bandar66 Online

Kontak Pokervita
Livechat Pokervita
WA: 08122222996
Wechat: pokervitaofficial
Line: vitapoker

Dapatkan keseruan dengan deposit minimal 10ribu di Donaco Poker...Menangkan bonus jackpot hingga puluhan juta rupiah tanpa ribet...

Dapatkan Juga Bonus Dari Donaco Poker...
- Bonus Deposit 15% New Member Weekend.
- Bonus Deposit 10% Next Deposit Weekend.
- BONUS DEPOSIT HARIAN 5%
- BONUS ROLLINGAN MINGGUAN 0.5%
- BONUS KEJUTAN LAINNYA

Hubungi Kami Secepatnya Di :
WHATSAPP : +6281333555662

Dapatkan keseruan dengan deposit minimal 10ribu di Donaco Poker...Menangkan bonus jackpot hingga puluhan juta rupiah tanpa ribet...

Dapatkan Juga Bonus Dari Donaco Poker...
- Bonus Deposit 15% New Member Weekend.
- Bonus Deposit 10% Next Deposit Weekend.
- BONUS DEPOSIT HARIAN 5%
- BONUS ROLLINGAN MINGGUAN 0.5%
- BONUS KEJUTAN LAINNYA

Hubungi Kami Secepatnya Di :
WHATSAPP : +6281333555662

Manfaat Memberikan Biji Wijen Pada Ayam Jago
Sabung Ayam Live

Manfaat Memberikan Jahe Untuk Ayam Bangkok Aduan
Depo S128

BISA DEPOSIT PAKAI GOPAY

CemePoker merupakan duta Poker Online, Domino, Ceme, dan Capsa yang sediakan bermacam banyak game dengan 1 user ID saja dan cemepoker di anugerahkan yang merupakan duta judi poker bersama rating win tertinggi.
poker online menjamin 100% keamanan seluruh membernya semula pemain Poker abdi dijamin 100% Player VS Player.
janganlah khilaf nantikan hadiah mengunggut tiap-tiap bulannya dan bonus referal seusia hidup

https://www.pokerceme.info/daftar-poker-online-deposit-via-ovo/

Ayo daftar hari ini hanya di cemepoker ---> http://104.248.153.37/

ZEUSBOLA membantu mimpi Anda menjadi kenyataan.
Mari bergabung bersama kami di ZEUSBOLA...
Situs impian para pecinta dan peminat taruhan Online!!
Hanya Dengan 1 ID bisa mainkan semua games bossku!!!

DENGAN MINIMAL DEPOSIT PULSA 25RB ANDA JUGA SUDAH BISA BERMAIN..!!!!!!

ZEUSBOLA Adalah Situs Agen Judi Online Terpercaya Indonesia Pertama Yang Menyediakan Berbagai Macam Permainan Online Seperti :

*SPORTSBOOK
*LIVE CASINO
*IDN LIVE
*IDN POKER
*SLOT GAMES
*TEMBAK IKAN
*JOKER123
*SABUNG AYAM
*TOGEL ONLINE

Caranya mainnya juga gampang, langsung daftar di link ini
atau hubungi kontaknya di https://linktr.ee/zeusbola.official ( KLIK DISINI )

Untuk Layanan Support Bank yang dapat dipergunakan pada Judi Online ZEUSBOLA terdapat beberapa jenis Bank Lokal seperti :
Bank BCA

Bank BNI

Bank BRI

Bank DANAMON

Bank MANDIRI


Promo Bonus yang berlangsung pada Judi Online ZEUSBOLA :
Bonus New Member 15%
Bonus New Member 10% ( Sabung Ayam )
Bonus Cashback/Kekalahan Sportsbook Up To 15%
Bonus Rollingan Up To 0.6%
Bonus Harian 10%
Bonus Reward

Serta terdapat berbagai jenis kelebihan dari ZEUSBOLA yang bisa anda dapatkan yaitu :

Bisa Deposit dengan VIA PULSA / OVO / GOPAY / LINKAJA / DANA.

Deposit & Withdraw tidak sulit dan sangat cepat.

Proteksi Keamanan user ID member terbaik.

Proteksi keamanan pada menu Lupa Password yang aman serta tidak menyulitkan.

Layanan Website 24jam setiap hari.

Tanpa adanya rekasaya apapun dalam permainan (NOBOT).

Bonus Paling mudah didapatkan dan paling besar.


Segera Daftarkan diri anda dan bermain bersama kami di ZEUSBOLA.
Alamat Situs Resmi :http://zeusbola.site/

Alamat Situs Alternatif :
http://zeusbola.club/
http://zeusbola.site/
http://zeusbola.best/

Kontak ZEUSBOLA :
Whatsap : +62 813 3355 5996
LINE : ZEUSBOLA
TELEGRAM: t.me/zeusbola

Bermain Judi Poker Via Deposit Pulsa

POKERVITA - POKER ONLINE | BANDAR POKER | JUDI POKER | AGEN POKER Situs Indonesia yang menyediakan berbagai layanan tranasksi yang modern dan kekinian. Menyediakan layanan Deposit Pulsa yang hits saat ini dan berbagai aplikasi E-money OVO, Gopay, Dana serta Linkaja yang sedang panas-panasnya di incar bettor.

Promo bonus besar-besaran Pokervita
* Promo Harian
* Promo Mingguan
* Promo Bulanan

9 Games Dalam 1 Akun
* ADU Q
* BANDAR POKER
* BANDAR Q
* CAPSA SUSUN
* DOMINO 99
* POKER ONLINE
* SAKONG
* BANDAR 66
* PERANG BACCARAT (NEW)

Judi Poker Online
Texas Holdem Poker
Bandar Sakong Online

BACA JUGA :
Poker Deposit Pulsa Bebas Robot
Game Poker Via Pulsa 15000
Waktu Keberuntungan Bermain Judi Solusi Buat Menang

Kontak Pokervita
Livechat Pokervita
WA: 08122222996
Wechat: pokervitaofficial
Line: vitapoker

Museum Poker

BONUS DEPOSIT UNTUK NEW MEMBER 20%
POKER ONLINE DEPOSIT VIA PULSA & DEPOSIT VIA OVOPAY

Link alternatif MuseumPoker : museumpoker.cc

Winning303
Memberikan Permainan Poker Paling Seru dengan Tingkat Kemenangan yang tinggi... Yakin anda susah menang??? coba saja di winning303.. Kemenangan tidak akan jauh dari semangat anda!!

Raih Jackpot Spesial yang bisa anda dapatkan...dengan modal kecil dapatkan bonus BESAR...
Hanya di Winning303...

Winning303 juga menyediakan permainan lain dengan 1 ID...
1. Sportsbook
2. Live Casino
3. Slot Online
4. Lottery/Togel
5. Sabung Ayam

Ayo Langsung bergabung dengan kami...
Customer Service 24 Jam
Hubungi Kami di : Klik >>>>>>> Daftar Slot

WA:+6287785425244

DONACOPOKER

Permainan poker terpecaya dan nikmati...
POKER ONLINE 7 PERMAINAN (1 USER ID)
1. POKER ONLINE
2. BANDAR CEME
3. CEME KELILING
4. DOMINO QIU-KICK
5. SUPER TEN
6. CAPSA SUSUN
7. OMAHA

AYOO...
SEGERA WA : 081333555662

Belum Pernah Dapat Jackpot Slot? Cobalah Bermain Slot Kami...
Winning303.org
Rasakan Jackpot Setiap Hari...Dapatkan Juga Bonus Rollingan Setiap Hari....
Seru Bukan??? Yang Pastinya Anda Tidak Akan Berpaling Lagi...

Mainkan Permainan Lainnya Dengan 1 User ID Saja...
1. Live Casino
2. Poker
3. Sportsbook
4. Lottery/Togel
5. Sabung Ayam

Hubungi Segera:
WA: 087785425244
Cs 24 Jam Online

Donaco Poker

Permainan poker terpecaya Saat ini :
POKER ONLINE 7 PERMAINAN (1 USER ID)
1. POKER ONLINE

2. BANDAR CEME

3. CEME KELILING

4. DOMINO QIU-KICK

5. SUPER TEN

6. CAPSA SUSUN

7. OMAHA

Silahkan Klik ID Gratis DONACO

WHATSAPP : +6281333555662
Terima Kasih Bossku

Winning303

Coba saja di winning303.. Kemenangan tidak akan jauh dari semangat anda!!

Raih Jackpot Spesial yang bisa anda dapatkan...dengan modal kecil dapatkan bonus BESAR...
Hanya di Winning303...

Winning303 juga menyediakan permainan lain dengan 1 ID...
1. Sportsbook
2. Live Casino
3. Slot Online
4. Lottery/Togel
5. Sabung Ayam

Silahkan Klik ID Gratis Sabung Ayam

Ayo Langsung bergabung dengan kami...
Customer Service 24 Jam
Hubungi Kami di :
WA:+6287785425244

Winning303
PENAWARAN PROMOSI:
Promo Deposit Pulsa Tanpa Potongan Via TELKOMSEL / XL / AXIS

Coba saja di winning303.. Kemenangan tidak akan jauh dari semangat anda!!
Raih Jackpot Spesial yang bisa anda dapatkan...dengan modal kecil dapatkan bonus BESAR...
Hanya di Winning303...

Winning303 juga menyediakan permainan lain dengan 1 ID...
1. Sportsbook
2. Live Casino
3. Slot Online
4. Lottery/Togel
5. Sabung Ayam
6. Poker IDN

Silahkan Klik ID Gratis Sabung Ayam

• Bonus new member 20%
• Bonus Next Deposit 10%
• Bonus rollingan poker sampai 0,5%
• Bonus referral sampai SEUMUR HIDUP
• Bonus Cashback 5-10 %
• Bonus Menang 7x sabung ayam sv388

Ayo Langsung bergabung dengan kami...
Customer Service 24 Jam
Hubungi Kami di :
WA:+6287785425244

Winning303

Raih Jackpot Spesial yang bisa anda dapatkan...dengan modal kecil dapatkan bonus BESAR...
Hanya di Winning303...

Winning303 juga menyediakan permainan lain dengan 1 ID...
1. Sportsbook
2. Live Casino
3. Slot Online
4. Sabung Ayam
5. IG POKER

Silahkan Klik ID Gratis Sabung Ayam

Ayo Langsung bergabung dengan kami...
Customer Service 24 Jam
Hubungi Kami di :
WA:+6287785425244

Gabut Saat New Normal Saat Coronavirus? Cari Hiburan Menarik dan Menghasilkan Keuntungan Besar Dengan Modal Minimal? Yuk Gabung Bersama MuseumAyam Agen Judi Online Sabung Ayam Terpercaya Di Indonesia. Nikmati Permainan Judi Sabung Ayam Yang Sudah Ternama Menerima Layanan Sabung Ayam Deposit Via Pulsa.

SABUNG AYAM [ S128 - Club388 ]

Menyediakan berbagai layahnan deposit terlengkap
* Semua Bank Lokal Indonesia
* Pulsa Tanpa Potongan
* OVO
* Gopay
* Dana
* Linkaja

Agen Togel Online
Museumbola Slot Pragmatic
Sabung Ayam Online
Museum Bola
Manfaat Bekicot Untuk Kesehatan Ayam Aduan Juara

Contact Resmi MuseumAyam --> https://linktr.ee/museumbola
WA : +6282267932581
LINE : museumpoker
Telegram : +6282267932581

ZeusBola - Daftar Sabung Ayam Taji Filipine
Menerima Deposit via Pulsa dan E-money
(OVO, DANA, LINKAJA, GOPAY dan JENIUS)
Dapatkan Bonus 7x Win Beruntun
Pendaftaran : http://zeusbola.vip

Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
Whatsapp : 0822 7710 4607

Jadwal S128 Sabung Ayam Online 28 Juli 2020

MUSEUMAYAM - AGEN SABUNG AYAM S128, SV388, SLOT ONLINE, CASINO ONLINE DAN POKER ONLINE

==> SABUNG AYAM [ S128 - SV388 ]
==> SPORTSBOOK [ SBOBET - MAXBET ]
==> KASINO [ SEXY - SBOBET - GD88 - CBO855 - WM ]
==> SLOT [ PRAGMATIC - SPADEGAMING - HABANERO - JDB SLOT ]
==> POKER [ POKER - DOMINO QQ - CEME ]
==> TOGEL [ SGP - HONGKONG - SYDNEY - MACAU ]

BURUAN JOIN YA BOSKU ^^
WA : +62822-6793-2581[/b]

BANDAR SABUNG AYAM ONLINE
AGEN JUDI POKER VIA PULSA
AGEN JUDI POKER VIA PULSA

Rekomendasi Situs Judi Casino & Togel Online Terpercaya Museumtoto

Daftar: Daftar Togel Pulsa

JOIN GRUP : Join Grup Facebook Prediksi

SELAMAT MENCOBA SEMOGA BERUNTUNG...

Casino Online :

Bacarrat,Monopoly,Billiards,Suwit,GongBall,24D,12D,Roulette,SicboDice,Oglog,Dice 6,Head tail,Red White,24Spin dan Poker Dice.
Minimal Deposit Hanya Rp.10.000 Bisa main semua Game dengan minimal Bett 500.

Agen Togel Via Pulsa
Agen Togel Terpercaya
Situs Togel Pulsa
Agen Togel Hongkong
Agen Togel Singapura
Agen Togel Sydney
Agen Toto Macau
useumtoto IDNLive

Caranya mainnya juga gampang, langsung daftar link di bawah ini :

Agen Togel Terpercaya
Agen Togel Sydney
Agen Toto Macau
MuseumToto

Untuk Layanan Support Bank yang dapat dipergunakan pada Judi Online MUSEUMTOTO terdapat beberapa jenis Bank Lokal seperti :

Bank BCA

Bank BNI

Bank BRI

Bank JENIUS / BTPN

Bank MANDIRI


PROMO

• Bonus New Member 20%
• Bonus Next Deposit 5%
• Bonus Cashback Casino Up To 10%
• Extra Bonus Prize 2 & Prize 3
• Bisa Deposit Via Pulsa XL & TSEL

Diskon dan Hadiah

• 2D Discon 29% ( Pembayaran x 70 )
• 3D Discon 58% ( Pembayaran x 400 )
• 4D Discon 66% ( Pembayaran x 3000 )
• Minimal Deposit : 10.000
• Minimal Withdraw :50.000
• Minimal Betting : 500


EXTRA BONUS
HADIAH PRIZE II:
• 4D : 200.000
• 3D : 60.000
• 2D : 10.000

HADIAH PRIZE III:
• 4D : 100.000
• 3D : 40.000
• 2D : 5.000


Serta terdapat berbagai jenis kelebihan dari MUSEUMTOTO yang bisa anda dapatkan yaitu :

Bisa Deposit dengan VIA PULSA / OVO / GOPAY / LINKAJA / DANA.

Diskon dan Hadiah Paling Besar.

Deposit & Withdraw tidak sulit dan sangat cepat.

Proteksi Keamanan user ID member terbaik.

Proteksi keamanan pada menu Lupa Password yang aman serta tidak menyulitkan.

Layanan Website 24jam setiap hari.

Tanpa adanya rekasaya apapun dalam permainan.

Bonus Paling mudah didapatkan dan paling besar.


Segera Daftarkan diri anda dan bermain bersama kami di MUSEUMTOTO.
Alamat Situs Resmi :LINK RESMI MUSEUMTOTO ( KLIK DISINI )

WA : +6283157394921

CHAT SEKARANG KLIK DISINI

Alamat Situs Alternatif :

LINK ALTERNATIF MUSEUMTOTO 1 ( KLIK DISINI )
LINK ALTERNATIF MUSEUMTOTO 2 ( KLIK DISINI )
LINK ALTERNATIF MUSEUMTOTO 3 ( KLIK DISINI )

Situs Togel Online Bonus Paling Banyak

Diskon Togel Terbesar Hanya Di MUSEUMTOTO

Suka bermain game online???/
Apalagi menggunakan pulsa????
tentu mau donk..

Mari join & bergabung bersama kami di Winning303
Dapatkan bonus deposit pulsa TANPA POTONGAN

Informasi Lebih Lanjut, Silakan Hubungi Kami Di :

- WA : +6287785425244

Nikmati Permainan Live Casino Slot Game Pulsa Tanpa Potongan Dengan Bonus Mingguan Tertinggi dan Minimal Deposit Hanya 25 Ribu saja. Di Dukung Dengan Berbagai Provider Judi Live Casino dan Slot Game Terbaik Memberikan Kenyamanan dan Kepuasan Dalam Bertaruh.

Menyedikan Juga Berbagai Permainan Terpopuler Lainnya Seperti Taruhan Sepak Bola, Live Casino, Poker, Bola Tangkas, Togel SGP,HK,SDY, Tembak Ikan Online, Slot Games, Dan Masih Banyak Lainnya. Proses Cepat Berapapun Kami Bayar Terpercaya

Menyediakan berbagai layahnan deposit terlengkap
* Semua Bank Lokal Indonesia
* Pulsa
* OVO
* Gopay
* Dana
* Linkaja

PROMO MUSEUMAYAM SITUS JUDI ONLINE TERPERCAYA !
* BONUS 10% KHUSUS MEMBER BARU SABUNG AYAM ONLINE
* BONUS WIN BERUNTUN SABUNG AYAM ONLINE ( S128, SV388 )
* BONUS 7x LOSE BERUNTUN SABUNG AYAM ONLINE ( S128, SV388 )
* BONUS 5% DEPOSIT SETIAP HARI SABUNG AYAM ONLINE
* BONUS CASHBACK SABUNG AYAM ONLINE UP TO 10%
* BONUS REFERAL PERMAINAN SABUNG AYAM ONLINE 5%

Contact Resmi MuseumAyam
WA : +6282267932581
LINE : museumpoker
Telegram : +6282267932581

Agen Toto Macau
Museumbola Slot Habanero
Sabung Ayam club388
togel online
Poker Online Pulsa
Museum Ayam

Donaco Poker Sebagai Situs Agen Poker Online Uang Asli Yang Menyediakan Transaksi Dari Bank Bca, Bni, Bri, Mandiri dan Danamon Memberikan Minimal Deposit Yang Sangat Murah Serta Menyediakan Hadiah Jackpot Setiap Harinya Dan Bisa Bermain Dengan Para Player Dari Seluruh Kota Yang Ada Di Indonesia.

Waktu Yang Relatif Singkat Dalam Semua Proses Transaksi Akan Semakin Membuat Para Member Betah Dan Puas.

Hubungi Kami Secepatnya Di :
WHATSAPP : +6281333555662

BONUS SETIAP HARI DARI DONACO POKER 2020

Donacopoker adalah agen poker online Indonesia resmi yang melayani para pemain dari seluruh Indonesia untuk mendaftarkan diri dan bermain game kartu online yang unik. Untuk memberikan kenyamanan bagi pemain setia, Donacopoker hadir dan berikan bonus-bonus terbaik setiap harinya untuk semua game yang tersedia di Poker Online.

Jalur Cepat:
WHATSAPP : 081333555662
LINE : Donaco.poker
CHAT : Klik ====> CHAT SEKARANG DAFTAR SEKARANG

Salam Kemenangan Untuk Anda.
Terima Kasih.

Bandar Togel Terpercaya
SITUS TOGEL TERBAIK
AGEN TOGEL TERBAIK 2021
Bandar Togel Indonesia
Situs Agen Togel Terbaik
SITUS TOGEL DEPOSIT PULSA

MBO128 SITUS SLOT ONLINE TERBAIK 2021

PROMO BONUS MEMBER BARU 50%
YUK GABUNG SEKARANG BERSAMA MBO128
ADA FREE ANGPAO Rp.50.000,- JUGA LOHH

Untuk pendaftaran bisa langsung Klik link berikut :
DAFTAR TOGEL ONLINE

Minimal DEPOSIT Rp.25.000
Minimal TARIK DANA Rp.50.000

KONTAK :
WhastApp: 0852-2255-5128

Transaksi bisa dilakukan melalui Via :

• PULSA ( Telkomsel , XL – Axis ) Bisa isi dari Counter / Transfer Pulsa / Alfamart dan Indomaret TANPA POTONGAN PULSA

• BANK ( BCA, Mandiri, BNI, BRI, Danamon, Permata,Semua Bank Nasional dan Daerah )

• E-Money ( OVO, Dana, LinkAja, PayPro, GoPay)

Museumpoker situs IDN Poker terbaik Indonesia deposit termurah hadir memberikan layanan taruhan permainan online hingga 9 jenis permainan. Rating kemenangan tertinggi tanpa adanya robot serta admin.

9 Permainan Dalam 1 Akun
* Poker
* DominoQQ
* Bandar Ceme
* Ceme Keliling
* Capsa Susun
* Super10
* Omaha
* Blackjack
* Superbull

Promo Terbaru MuseumPoker
- Bonus Deposit Harian
- Deposit Via Pulsa Telkomsel & XL / Axis
- Bonus Deposit New Member 20%
- Bonus Mingguan 0.5%
- Bonus Jackpot

Daftar Poker Online

Kontak Resmi
WA : +6282267932581
LINE : museumpoker
Telegram : +6282267932581

Situs Agen IDN Poker Online Terpercaya Indonesia

Bandar Ceme Terbaik Deposit Pulsa Keuntungan Terbesar

Daftar Sabung Ayam Taji Depost Pulsa Bersama CLUB388CASH

Situs Slot Pulsa Tanpa Potongan Bersama CLUB388CAH

CLUB388CASH ADALAH SISTUS AGEN BANDAR TARUHAN ONLINE TEPECAYA YANG MEMILIKI BANYAK PERMAINAN HANYA MENGGUNAKAN 1 AKUN ATAU 1 USER ID SAJA SEMUA DAPAT DI MAINKAN SEMUA DI PERMAINAN CLUB388CASH. TENTUNYA EVENT BONUS PROMO SETIAP BULAN NYA YANG MANTAPPP ^^

SITUS JUDI ONLINE TERPOPULER 2021
👑 www,MBO128,club 👑
Menyediakan 20 vendor SLOT GAME, 4 vendor BOLA , 11 vendor LIVE CASINO, IDN POKER, TEMBAK IKAN, TOGEL , SABUNG AYAM dan TANGKAS.
Dengan minimal deposit 10.000 saja ♥
Kami melayani deposit melalui SEMUA BANK , GOPAY , OVO, DANA , JENIUS, PULSA dan LINKAJA.
Mari bergabung bersama kami dan nikmati kelebihan mbo128 , seperti :EVENT FREE SPINE SEMUA PROFIDERBONUS TANPA BATAS SETIAP MINGGU!!LAYANAN CS ONLINE 24JAM ( proses depo&wd lancar)
Untuk mendaftar bisa langsung menghubungi kami di ,
WhatsApp 085222555128
LINE ID : agens1288
TELEGRAM : AgenS128 /  085222555128

Provider Paling Lengkap dan Popular

https://bvgaming.live/

Bonus Welcome New Member 15% Untuk Semua Permainan

- Bonus Dapat di Claim Seluruh Permainan di Situs BVGaming Kecuali Poker.
- Untuk Claim Bonus Welcome New Member Minimal Deposit 200.000
- Maksimal Bonus Dapat Di Claim Adalah 1.000.000
- Bonus Dapat Langsung Claim Melalui Sistem Ketika Isi Form Deposit.
- Syarat Withdraw Adalah Mencapai Turnover x10 Dari Nominal Deposit & Bonus
Contoh : Deposit 1.000.000 + Bonus 150.000 = 1.150.000 x 10 = 11.150.000
- Jika Tidak Mencapai Turnover, Maka Withdraw Tidak Dapat Dilakukan.
- Tidak Dapat Digabungkan dengan Promo Rollingan & Cashback & Pindah Jenis Permainan Lain.
- Tidak diperbolehkan double bet (bet kanan & kiri atau over-under dalam 1 pertandingan)
- Bonus tidak berlaku jika terdapat persamaan IP address, nama rekening, no tlp dan email dengan member lain yang sudah terdaftar.
- Pihak BVgaming Berhak Membatalkan Bonus Apabila Mendapati Kecurangan.

Pendaftaran Akun / DEPOSIT / WITHDRAW Bisa WA / TELEGRAM : +62812-2222-995

GAMES SLOT TERPECAYA DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN

Daftar Situs Slot Games Deposit Pulsa Murah

Poker DominoQQ Deposit Pulsa
Poker Bonus New Member
Poker Deposit Pulsa Tanpa Potongan

CLUB388CASH ADALAH SISTUS AGEN BANDAR TARUHAN ONLINE TEPECAYA YANG MEMILIKI BANYAK PERMAINAN HANYA MENGGUNAKAN 1 AKUN ATAU 1 USER ID SAJA SEMUA DAPAT DI MAINKAN SEMUA DI PERMAINAN CLUB388CASH. TENTUNYA EVENT BONUS PROMO SETIAP BULAN NYA YANG MANTAPPP ^^

CS 24jam Online
JANGAN SAMPAI KEHABISAN FREECHIPSNYA !!

BOLAVITA Agent 1 user ID untuk semua permainan

Info hub
WA:0812 2222 995

Raih Jackpot Spesial yang bisa anda dapatkan...dengan modal kecil dapatkan bonus BESAR...

SPECIAL REVIEW : Klik >>>>>>> Pixie Wings INFO BOCORAN SLOT

Orang-orang Aztec menyukai permainan dan segala macam hiburan. Salah satu permainan paling populer yang pernah dimainkan suku Aztec adalah Patolli. Patolli adalah jenis permainan papan yang dimainkan oleh rakyat jelata maupun bangsawan. Taruhan sangat penting untuk permainan ini. Pemain akan bertaruh logam mulia dan batu atau tanaman pada hasil permainan.Review Aztec Bonanza Dari Pragmatic Play

RESULT TOGEL

Winning303

1 id dengan banyak permainan Menarik

WA: 087785425244
Cs 24 Jam Online

Promo Bonus Pulsa Tanpa Potongan !! ZEUSBOLA SOLUSINYA!!!
[url=https://zeusbola.mypixieset.com/][Daftar Slot Gacor Hari Ini Tanpa Rekening Bank Zeusbola][/url]
Menyediakan Permainan SLOT Terbaik Yang Memberikan kemenangan Yang Lebih Tinggi
Kami Juga menyediakan Banyak Permaianan Hanya Dengan 1 ID
Deposit Pulsa Dari 10RB
Buruan Join Dan Rasakan Kemenangannya
☎️ Whatsapp : +62 822-7710-4607
☎️ Link Whatsapp : https://zeusbo.la/whatsapp

DONACOPOKER merupakan salah satu Agen Poker Online paling baru, tapi untuk kualitas nya jangan tidak perlu di ragukan lagi. Mengapa? karena DONACOPOKER ini adalah salah satu cabang dari server Poker IDN Play yang dimana itu adalah salah satu dari Server Poker Terpercaya, Terbaik dan Paling Bagus dan sudah terbukti akan kualitasnya.

Keuntungan Jika bermain di website
- Proses Deposit dan withdraw maksimal 3 menit
- 100% No admin dan No robot
- 100 Player vs Player
- Fair Play
- Customer service 24 jam nonstop
- Sistem keamanan terjamin TERBAIK
- Server Terbaru dan aman
- Kemenangan Yang Selalu Hadir Untuk membernya
- Menyediakan 5 jenis bank lokal ( BCA, BNI, BRI, MANDIRI, DANAMON )

PERMAINAN 1 ID BISA BERMAIN SEMUA GAME
1. POKER ONLINE
2. SLOT ONLINE
3. TOGEL
4. IDNLIVE

Dapatkan BONUS Terbanyak Yang Kami Sediakan Untuk Member Setia DONACO POKER
- BONUS REFFERAL seumur hidup Dengan Mengajak Teman Dan Rekan Anda Untuk Bermain.
- BONUS CASHBACK 0,3% Dihitung Dari Turnover Anda. Semakin Banyak Jumlah Turnover Anda, Semakin Banyak Bonus Yang Anda -
- BONUS WEEKEND 15% (BERLAKU SETIAP SABTU & MINGGU)
- BONUS NEW MEMBER 10%
- BONUS DEPOSIT HARIAN 5%
Dapatkan Yang Dibagikan 1 KALI DALAM SEMINGGU !!
Android & IOS Support Yang Akan Memudahkan Anda Bermain Dimanapun dan Kapanpun. Download Permainan Kami & Mainkan !

Apabila masih terdapat kesulitan dalam mengakses situs poker donaco, maka anda bisa menghubungi kami kembali di kontak berikut ini.

Jalur Cepat:
WHATSAPP : 081333555662
LINE : Donaco.poker
CHAT : Klik ====> SEKARANG

Salam Kemenangan Untuk Anda.
Terima Kasih.

Promo Bonus Pulsa Tanpa Potongan !! ZEUSBOLA SOLUSINYA!!!
Menyediakan Permainan SLOT Terbaik Yang Memberikan kemenangan Yang Lebih Tinggi
Kami Juga menyediakan Banyak Permaianan Hanya Dengan 1 ID
Deposit Pulsa Dari 10RB
Buruan Join Dan Rasakan Kemenangannya
☎️ Whatsapp : +62 822-7710-4607

BOLAVITA, Situs taruhan Online terkini, Kami menyediakan Berbagai jenis permainan yang menarik.

Menerima Juga Deposit Via Pulsa, LinkAja, Dana, Sakuku, OVO dan GO-Pay

Pendaftaran / Deposit / Withdraw bisa melalui Whatsapp +62812-1495-2061.

KLIK DISINI UNTUK MENDAFTAR BOLAVITA

Posting Komentar